Berbagai Bibit Buah Jadi Rebutan Warga Trenggalek Usai Kirab Pusaka

Suasana warga rebutan bibit buah di depan Pendopo Trenggalek.
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Trenggalek, VIVA Jatim – Prosesi Hari Jadi Kabupaten Trenggalek yang ke-829 kali ini terasa berbeda. Ucapan selamat yang biasanya berupa papan sterofoam dialihkan dengan berbagai bibit pohon buah. Alhasil, ratusan masyarakat berebut untuk mendapatkan bibit. 

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Salah satu warga, Rio Riana mengungkapkan cukup senang mendapat bibit buah alpukat secara cuma-cuma. Ini mengaku baru pertama kali menyaksikan rangkaian Hari Jadi Trenggalek

"Senang mas. Rencana akan saya tanam di belakang rumah," ungkap Rio Riana di halaman Pendopo Manggala Praja Nugraha, Kamis, 31 Agustus 2023.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Perempuan paruh baya yang tengah menenteng bibit pohon alpukat ini berharap tahun depan akan ada lagi yang serupa. Pasalnya, cukup bermanfaat bagi masyarakat dan sebagai upaya melestarikan lingkungan sekaligus menguntungkan jika sudah berbuah.

Sementara, Bupati Trenggalek, Mochamad Nur Arifin menerangkan peringatan hari jadi tahun ini mengambil tema 'Ngayomi, Ngayemi, Ngayani'. Dalam kirab pusaka sengaja membagikan bibit sebagai bentuk menterjemahkan tema tersebut.

Selamatan Durian Trenggalek, Mas Ipin: Menjaga Alam Berikan Keberkahan

"Nah bibit tanaman ini yang sekiranya paling merepresentasikan bahwa pengayoman pengayoman dan juga kekayaan kemakmuran itu bisa tercipta," ulasnya.

Mas Ipin, sapaan akrab bupati muda ini mengaku, selain lestari dalam pembagian bibit mampu menghasilkan nilai ekonomi. Hal itu sebagai simbol pelestarian alam di Bumi Menak Sopal supaya tetap terjaga.

Halaman Selanjutnya
img_title