KM Mandala Pecah Akibat Dihantam Ombak 5 Kali, 8 ABK Hilang

Kondisi KM Mandala terdampar di Pantai Gayasan Blitar
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA JatimKM Mandala  asal Trenggalek pecah di wilayah Pantai Gayasan Kabupaten Blitar dihantam 5 kali ombak. Total anak buah kapal (ABK) 23 orang, 15 selamat dan 8 masih belum diketemukan.

Penambang Pasir yang Tenggelam di Sungai Bengawan Solo Bojonegoro Ditemukan Tewas

Kalaksa BPBD Blitar, Ivong Berttyanto mengungkapkan bahwa kapal nelayan jenis slerek  itu tenggelam di Pantai Gayasan Desa Tumpakkepuh Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Untuk ABK yang selamat dan luka dievakuasi ke Puskesmas Gawang Wonotirto.

"ABK yang tidak diketemukan 8 orang sedangkan yang selamat ada 15 nelayan berasal dari Trenggalek," ungkap Ivong Berttyanto melalui keterangan resminya, Kamis, 7 September 2023.

Tim SAR Gabungan Temukan Sumiati Tewas di Sungai Brantas Blitar

Menurut Ivong, kejadian terjadi pada hari Rabu, 6 September 2023, jenis kapal pursen slerek dinahkodai Sugianto bersama 22 ABK. Nelayan ini barangkat dari pelabuhan Prigi Kabupaten Trenggalek pukul 16.00 WIB.

KM Mandala dari Trenggalek tujuan menangkap ikan di perairan Blitar. Saat  pukul 20.00, di lokasi perairan depan pantai Gayasan Tambakrejo Kecamatan Wonotirto Kabupaten Blitar langsung menangkap ikan.

Dihantam Ombak, Penambang Pasir di Bojonegoro Hilang Tenggelam

Usai mendapat tangkapan ikan sebanyak kurang lebih 500 Kg. Setelah 1 jam, cuaca memburuk dan berkabut sangat tebal sehingga tidak tau arah, tahu tahu kapal di hantam ombak sebanyak 5 kali.

"Satu kali hantam kapal langsung pecah, ABK kocar-kacir dan 8 hilang," jelasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title