Jelang Pemilu, PKS Jatim segera Lakukan Tahapan Penjaringan Calon Kepala Daerah

Kegiatan political update di kantor DPW PKS Jatim di Surabaya.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – DPW PKS Jawa Timur bersiap-siap untuk melakukan penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota untuk menyongsong Pemilu 2024 yang tak lama lagi akan digelar. Penjaringan itu dilakukan searah dengan political update yang digelar DPP PKS. 

PWI Tulungagung Hadiri HPN Jatim: Menimba Ilmu Sesama Anggota

"Di political update, PKS Jatim juga merumuskan tentang kick off Pilkada DPP yang di sana mencanangkan kesiapan PKS merekrut jabatan politik dalam Pilkada 2024. Karenanya, PKS Jatim siap mengusung calon untuk menjadi kepala daerah baik di tingkat provinsi atau kabupaten kota di Jawa Timur,” kata Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan dalam acara political update, Jumat, 8 September 2023.

Pria 47 tahun itu juga merekomendasikan agar DPD dan DPW segera melakukan tahapan penjaringan dan penyaringan calon kepala daerah. Pada tahap ini, PKS dapat menerima usulan dari anggota dari struktur partai maupun dari masyarakat. 

Bila Eri Cahyadi-Bayu Airlangga dan Armuji-Awi Disimulasikan di Pilwali Surabaya

“Atau DPD melakukan komunikasi dengan para calon yang sudah muncul di kabupaten/kota masing-masing,” ujar caleg DPRD Jatim dari dapil Situbondo, Bondowoso, dan Banyuwangi itu. 

Setelah itu, lanjut dia, DPD melaksanakan musyawarah untuk kemudian diusulkan ke DPW, kemudian DPW akan melakukan musyawarah dan kemudian diusulkan ke DPP melalui bidang Pembinaan Wilayah. 

PDIP Lamongan Buka Penjaringan Calon Bupati, Yuhronur Efendi Pendaftar Pertama

Irwan menjelaskan, DPD juga bisa melakukan pendaftaran secara terbuka untuk mendapatkan usulan dari masyarakat, sedangkan usulan struktur partai dan anggota memperhatikan ketokohan, polularitas dan elektabilitas dari para calon yang ada. 

Pada Pilkada 2020, papar Irwan, PKS berhasil memenangkan 11 pasangan calon bupati dari 19 pilkada yang ada. "Pilkada sebelumnya memenangkan enam calon. Jadi, total yang dimenangkan PKS ada 17 pasangan kepala daerah,” tandasnya.  

Halaman Selanjutnya
img_title