Trik Licik Susanto, Dokter Palsu yang Berhasil Menipu RS PHC Surabaya

Susanto, terdakwa dokter palsu dengan korban RS PHC Surabaya.
Sumber :
  • Istimewa/Viva.co.id

JatimSusanto, warga Grobogan, Jawa Tengah, kini jadi sorotan. Musababnya, pria tamatan SMA berusia 48 tahun itu berhasil mengelabui RS Primasatya Husada Citra (PHC) Surabaya dengan menjadi dokter palsu dan bekerja di sana selama dua tahun. Aksi dokter gadungan Susanto  akhirnya terkuak dan kini menjalani sidang di Pengadilan Negeri Surabaya.

Pelindo Regional 3 Siapkan 20 Terminal Penumpang Antisipasi Lonjakan Pemudik Lebaran 2024

Susanto memulai aksinya dengan melamar pekejaan sebagai dokter firs aid pada April 2020 lalu. Saat itu, Indonesia tengah diselimuti Pandemi COVID-19. Ia kemudian mencari data dokter secara acak, yang secara fisik mirip dengan dirinya. Lalu ditemukanlah data dr Anggi Yurikno. Dengan menyaru sebagai Dokter Anggi, Susanto kemudian mengajukan lamaran ke RS PHC Surabaya.

Kepala Seksi Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjung Perak Surabaya, Jemmy Sandra, menjelaskan, agar betul-betul mirip dengan Dokter Anggi, Susanto kemudian mendatangi sebuah salon dan memotong rambutnya persis dengan gaya rambut Dokter Anggi. 

Kejari Perak Benarkan Penabrak Becak dan 2 Mobil di Surabaya adalah Jaksanya

“Agar mirip semirip mungkin dengan Dokter Anggi Yurikno,” katanya kepada wartawan pada Rabu kemarin, dikutip VIVA Jatim pada Kamis, 14 September 2023.

Agar tidak dicurigai, lanjut Jemmy, Susanto juga menggunakan telepon pintar atau HP jelek dengan kualitas kamera yang buram. Itu dipilih Susanto agar saat mengikuti tes wawancara secara online, pihak panitia tidak mengenali secara rinci bahwa dirinya adalah Dokter Anggi palsu. 

Dituntut 19 Tahun Penjara, Terdakwa Pembunuh Mahasiswi Ubaya Terdiam

“[Karena kamera HP-nya buram] Pihak RS yakin kalau Susanto itu adalah Dokter Anggi Yurikno,” ujarnya.

Susanto pun akhirnya diterima sebagai dokter di RS PHC Surabaya.  Jemmy menjelaskan, saat kasus itu masih di kejaksaan, kepada jaksa Susanto mengaku sengaja mencari lowongan pekerjaan dokter first aid karena tugasnya hanya memeriksa kesehatan pegawai. Tidak begitu rumit dan lebih banyak menggunakan teknik dasar kedokteran, seperti mengecek tekanan darah.

Halaman Selanjutnya
img_title