Yankes Bergerak Tangani Ratusan Pasien di Pulau Raas Sumenep, Ini Kata Khofifah

Yankes Bergerak Tangani Ratusan Pasien di Pulau Raas
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Sumenep, VIVA Jatim-Tim Pelayanan Kesehatan Bergerak (Yankes Bergerak) yang diterjunkan Pemerintah Provinsi Jawa Timur melalui Dinas Kesehatan merampungkan misi kesehatannya di Pulau Raas, Kabupaten Sumenep, Sabtu 16 September 2023. 

Halal Bihalal dan Musda IKA SKMA Jatim, Pj Gubernur Adhy Tegaskan Komitmen Soal Hutan

Layanan kesehatan yang diberikan tim Yankes Bergerak ini dipusatkan di Puskesmas Raas dan Kapal Gandha Nusantara 1 yang merupakan dukungan dari Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Timur.

Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan bahwa kehadirannya membawa misi mulia kemanusiaan. Yaitu, demi pemerataan layanan kesehatan di wilayah kepulauan terpencil yang kemudahan akses layanan kesehatannya tidak seperti warga di perkotaan.

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Indonesia memang negara kepulauan terbesar di  dunia yang membuat beberapa daerah tidak mudah  dijangkau. Tapi hak kesehatan adalah milik semua orang dan ini komitmen kami memberikan hak tersebut sampai ke kepulauan terpencil," kata Khofifah , Senin 18 September 2023.

Menurut Khofifah, kehadiran tim Yankes Bergerak ini juga merupakan wujud Program Jatim Sehat yang tertuang pada Nawa Bhakti Satya. Dimana, akses kehehatan ini berlaku umum untuk semua warga Jawa Timur di manapun mereka berada.

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Layanan kesehatan akan diberikan kepada siapa saja, tidak mengenal di mana mereka tinggal," imbuhnya.

Di sisi lain, Khofifah juga menyampaikan apresiasi dan kebanggaannya kepada tim Yankes Bergerak, dinas-dinas terkait, perangkat kecamatan, dan masyarakat yang telah membantu menyukseskan program. 

Halaman Selanjutnya
img_title