Komisi A DPRD Jatim Harap Pj Gubernur Sosok yang Paham Birokrasi Jawa Timur

Anggota Komisi A DPRD Jawa Timur Ubaidillah
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Anggota Komisi A DPRD Jawa Timur Ubaidillah berharap Menteri Dalam Negeri (Kemendagri) bersama presiden, dapat menetapkan Penjabat (Pj) Gubernur Jatim adalah sosok yang mengerti Jatim, baik secara birokrasi maupun potensi lokal wisdom yang ada. 

Khofifah Hadiri Resepsi Harlah PMII Ke-64 di Kediri, Ajak Mahasiswa Bangun Konsolidasi Programatik

"Saya harap Mendagri itu bisa lebih arif dan bijaksana dengan presiden dalam menetapkan Pj Gubernur Jawa Timur," kata Ubaid saat dikonfirmasi, Rabu 20 September 2023. 

Ubaid katakan, Pj Gubernur Jatim akan menjabat selama satu tahun lebih. Rentang waktu tersebut ia nilai cukup lama untuk jabatan seorang Pj. Oleh karenanya, pemilihan sosok tersebut harus tepat agar kepemerintahan berjalan dengan maksimal. 

Menteri Tito Karnavian Ungkap Alasan Gibran Tak Hadiri Hari Otoda di Surabaya

"Harapan kami, Mendagri dapat memilih orang yang tepat. Siapa orang yang tepat? Pastinya orang yang mengerti birokrasi di Jawa Timur," kata Ketua Garda Bangsa Jatim ini. 

Anggota Fraksi PKB ini menuturkan, meski hanya Pj, namun pengaruhnya begitu besar bagi Jatim, karena menyangkut hajat hidup orang banyak. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

"Sehingga pengambilan keputusan untuk kesejahteraan rakyat itu bisa lebih cepat diputuskan," ujarnya. 

Lebih dari itu, pihaknya menyarankan agar Pj Gubernur bisa diambil dari orang yang sudah terbiasa di birokrasi Jatim. Sebab, momentum jabatan Pj akan melalui tahun politik pemilu 2024. 

Halaman Selanjutnya
img_title