Waspada Virus Nipah, Berpotensi Masuk Indonesia hingga Jadi Pandemi

Ilustrasi Virus Nipah
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Kasus virus Nipah mulai muncul di negara bagian Kerala India. Kasus yang dilaporkan di Distrik Kozhikode di Kerala Utara ini diketahui telah memakan korban jiwa. Dilaporkan dua orang meninggal dunia akibat virus yang pertama kali ditemukan di Malaysia pada tahun 1998.

5 Negara dengan Populasi Muslim Terbesar, Indonesia Kedua setelah Pakistan

Bahkan menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), angka kematian akibat virus nipah sendiri cukup besar yakni 40 hingga 70 persen. Lantas, mungkinkah virus nipah ini menjadi pandemi seperti COVID-19? Scroll untuk mengetahui jawabannya.

Ahli Epidemiologi dari Griffith University Australia, Dicky Budiman angkat bicara. Dijelaskannya bahwa ancaman virus nipah bisa menjadi pandemi. Bahkan WHO telah mengidentifikasi virus nipah sebagai salah satu dari 10 penyakit yang ada dalam daftar WHO berpotensi sebagai pandemi.

Mengenal Osteoarthritis dan Metode UKR untuk Menanganinya

Namun diungkap Dicky Budiman, secara umum ancaman virus nipah menjadi pandemi tidaklah sebesar jika dibandingkan dengan keluarga virus corona seperti COVID-19, SARS dan MERS. Hal ini lantaran dari sisi penularannya, virus nipah tidak terlalu efektif dibandingkan dengan keluarga virus corona.

“Keluarga virus corona yang bisa menyebar melalui droplet dalam hal ini udara. Nipah virus harus melalui cairan ataupun makanan yang sudah tercemar atau terpapar virus baik dari urine kelelawar ataupun kotoran kelelawar. Ini yang membedakan," kata Dicky dikutip dari VIVA, Kamis 21 September 2023. 

Apa Itu Egg Banking? Metode Amankan Reproduksi Perempuan untuk Masa Depan

Lebih lanjut, diungkap Dicky bahwa virus nipah ini memiliki potensi menjadi endemik di suatu wilayah kemudian menjadi kejadian luar biasa (KLB) berulang atau epidemi di suatu daerah kemungkinan bisa terjadi.

Sementara itu, Dicky juga mengingatkan bahwa virus nipah ini memiliki potensi terjadi di Indonesia. Mengingat Indonesia berada di wilayah hotspot untuk terjadinya penyakit baru atau yang berasal dari zoonotic diseases.

Halaman Selanjutnya
img_title