Dinilai Tak Beretika, Band T Koes Dilarang Bawakan Lagu Karya Koes Plus

David Koeswoyo
Sumber :
  • viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Jagat hiburan musik tanah air dibuat heboh dengan sikap yang ditunjukkan keluarga besar band lawas Koes Plus. Mereka melarang band T Koes membawakan karya cipta Koes Plus. Diketahui sebelumnya, bahwa larangan itu karena T Koes dinilai tidak menerapkan etika dan aturan dalam melestarikan karya-karya Koes Plus.

Keseruan Atraksi Marching Band Taruna AAL saat Parade Surabaya Juang

Band lawas yang terbentuk tahun 1968 silam ini memiliki deret karya luar biasa yang membuatnya begitu populer di Indonesia. Hal ini membuat band T Koes, sebagai penggemar karya Koes Plus, menyanyikan lagu-lagunya dengan tujuan melestarikannya.

Namun, sebagai anak Yon Koeswoyo, David Koeswoyo merasa bahwa sikap band pelestari itu tak sesuai adab dan etika terkait menyanyikan karya orang lain. Scroll untuk informasi selengkapnya.

Tak Hanya T Koes, Lagu Koes Plus Juga Dilarang Dibawakan Musisi Lain

"Kami bangga dengan band pelestari yang memiliki adab yang baik, tau etika, dan paham aturan," tulis David Koeswoyo dalam kolom komentar di Instagramnya, dikutip dari VIVA, Sabtu, 23 September 2023.

Ada pun sebelumnya, pada hari ini Jumat tanggal 22 September 2023, keluarga besar Koes Plus dengan tegas melarang band T Koes menyanyikan karya-karya Koes Plus. Hal itu diungkap oleh David Koeswoyo mewakili keluarga almarhum Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili keluarga Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, dan Sari Koeswoyo mewakili Yok Koeswoyo.

DPRD Jatim Soroti Zonasi PPDB, Minta Pemerintah Kembangkan Sekolah Swasta

"(Larangan Koes Plus) sudah memberikan mandat kepada kami (sebagai anak)," kata mereka dalam video yang diunggah di akun Instagram @David Koeswoyo.

Sementara itu, Sari Koeswoyo menjelaskan bahwa pelarangan ini mencakup semua jenis karya cipta band Koes Plus dalam semua kegiatan bermusik dan atau dalam bentuk komersil maupun non komersil.

Halaman Selanjutnya
img_title