Tak Hanya T Koes, Lagu Koes Plus Juga Dilarang Dibawakan Musisi Lain

Grup band lawas Koes Plus
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Sikap keluarga besar grup band lawas Koes Plus yang melarang T Koes menyanyikan lagu Koes Plus menjadi viral di media sosial. Bahkan, diketahui belakangan, bahwa larangan tersebut tak hanya berlaku bagi band T Koes, juga berlaku untuk para musisi yang lain. 

Musisi Nasional Anang Hermansyah bakal Dampingi Gus Fawait Maju di Pilkada Jember

Sikap ini diambil lantaran keluarga besar menyebut bahwa pihaknya tidak pandang bulu atau tebang pilih. Itulah sebabnya lagu Koes Plus juga dilarang dibawakan oleh musisi-musisi yang lain. 

"Kami tidak tebang pilih. Hal ini kami lakukan agar menjadi pembelajaran untuk kita semua, serta khususnya band-band pelestari di manapun berada di seluruh Indonesia," ujar Sari Koeswoyo mewakili Yon Koeswoyo, dikutip dari VIVA, Sabtu, 23 September 2023.

Polisi Temukan Fakta Baru Dalam Kasus Personel Band Tewas di Surabaya

Larangan membawakan lagu band yang dibentuk pada tahun 1968 silam itu diberlakukan sejak Jumat, 22 September 2023. Ada pun, pihak keluarga besar yang memberi keputusan antara lain David Koeswoyo mewakili kel Yon Koeswoyo, Damon Koeswoyo mewakili kel Tony Koeswoyo, Rico mewakili keluarga Murry, serta Sari Koeswoyo.

“Menyatakan bahwa terhitung sejak hari ini keluarga besar Koes Plus melarang dan tidak memberikan izin kepada band T Koes untuk membawakan karya cipta dari keluarga besar Koes Plus," tambah Sari Koeswoyo.

Keseruan Atraksi Marching Band Taruna AAL saat Parade Surabaya Juang

Lebih dalam, Sari mengimbau agar grup musik serta musisi lain memahami makna akan karya cipta milik orang lain. Untuk itu, keputusan melarang karya cipta band Koes Plus termasuk di semua kegiatan bermusik dan atau dalam bentuk komersil maupun non komersil.

"(Melarang) segala sesuatu yang terkait dalam kegiatan bermusik dan atau dalam bentuk apapun baik komersil maupun non komersil," ungkap Sari Koeswoyo.

Halaman Selanjutnya
img_title