Fraksi PKB Minta Pemprov Kembangkan Penguatan Literasi Pesantren

Hikmah Bafaqih saat menyerahkan Pandangan Umum Fraksi
Sumber :
  • A. Thoriq/ Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim-Fraksi PKB DPRD Jawa Timur berharap Pemprov Jatim dapat mengalokasikan anggaran untuk program penguatan literasi pesantren

3 Langkah Strategis Bank UMKM Jatim Hadapi Tantangan Bisnis Perbankan

Juru bicara Fraksi PKB, Hikmah Bafaqih mengatakan, penguatan literasi pesantren itu dapat dilakukan melalui skema pelatihan literasi pesantren dan penyelamatan naskah kuno pesantren melalui kerjasama dengan Dinas Perpustakaan dan Arsip. 

"Hal itu sebagai bagian dari amanah yang tercantum dalam Perda No. 3 Tahun 2022 tentang Fasilitasi Pengembangan Pesantren," kata Hikmah dalam rapat paripurna dengan agenda pengesahan Perda Perubahan APBD 2023, Senin 25 September 2023. 

Lakukan Pencegahan secara Masif, Pj Gubernur Adhy: Angka Perkawinan Anak di Jatim Turun Signifikan

Bagi Fraksi PKB sektor pendidikan keagamaan juga harus mendapat prioritas dalam politik kebijakan penggunaan anggaran sektor pendidikan di Jatim. 

"Sebab sebagaimana kita pahami bersama, pendidikan keagamaan, terutama pendidikan pesantren dan madrasah diniyah juga berperan penting dalam pembangunan daerah," ujarnya. 

Pemprov Jatim Target Deviden Bank UMKM Naik 200 Persen

Sebagaimana diketahui, DPRD beserta Pemerintah Provinsi Jawa Timur resmi mengesahkan Peraturan Daerah (Perda) tentang Perubahan APBD 2023 di rapat paripurna DPRD Jatim

Pengesahan Perda tentang Perubahan APBD 2023 yang dipimpin oleh Ketua DPRD Jatim Kusnadi itu juga mendapat persetujuan sembilan Fraksi yang hadir dalam rapat paripurna tersebut.