UMKM Gresik Ekspor 5,5 Ton Kulit Ikan Pari dan Hiu ke Hong Kong

UMKM Gresik ekspor produk ke Hong Kong
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Gresik, VIVA Jatim – Setelah melewati berbagai verifikasi dari Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya II dan dinyatakan legal, sekitar 5,5 ton kulit ikan pari dan kulit ikan hiu senilai 27.OOO US Dollar atau Rp. 450 juta (kurs Rp. 15.000) diekspor ke Hong Kong.

Tampang Melas 2 Tersangka Pemerkosa Gadis ABG di Bawean Gresik

Pelepasan produk olahan UMKM lokal UD Sinarjaya, Desa Randuboto, Kecamatan Sidayu tersebut dilakukan oleh Wakil Bupati Gresik, Aminatun Habibah, Sekretaris Daerah Kabupaten Gresik Ahmad Washil Miftahul Rahman, Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Surabaya II, Kepala Dinas Kelautan Dan Perikanan M. Nadlelah.

"Saya bersama jajaran Pemerintah Kabupaten Gresik mengucapkan terimakasih, terutama kepada BKIPM Surabaya II dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Gresik karena telah memberikan pembinaan kepada UMKM sehingga produk mereka layak ekspor." ujar Wabup yang akrab disapa Bu Min itu.

Pemkot Surabaya Gandeng Kampus NU Unusa Kelola Bozem dan Taman di Tenggilis

Produk kulit ikan pari dan kulit ikan hiu ini dapat diekspor setiap 2 bulan sekali. Hal ini juga menjadi keterbatasan sendiri dalam meningkatkan jumlah produksi. Meski demikian, Bu Min optimis UD. Sinarjaya kedepannya dapat berkembang dengan cepat sehingga dapat memenuhi kebutuhan pasar internasional.

"Ini luar biasa, karena setiap 2 bulan sekali kita bisa mengekspor produk ini. Kedepannya, saya harapkan produksi kulit ikan ini dapat ditingkatkan sehingga pasar internasional yang dapat kita jangkau semakin luas," katanya, Kamis 28 September 2023.

15 Ribu Porsi Makanan Disuguhkan Pemkab Kediri di Nglencer Ning Pendopo

Wabup perempuan pertama Gresik ini bercerita tentang potensi barang mentah yang ada di Indonesia. Menurut pengalamannya, banyak negara-negara luar yang mengambil barang mentah di Indonesia untuk diolah dan dijual kembali.

"Saya pernah mendapatkan oleh-oleh kripik ikan dari Singapura. Setelah saya tanya, ternyata bahan bakunya dari Indonesia. Ini membuat saya sakit hati karena harusnya kita juga bisa seperti mereka," ungkap Bu Min.

Halaman Selanjutnya
img_title