Buka FESyar Regional Jawa 2023, Wagub Jatim Dorong Inovasi Digital

Wagub Emil resmi buka FESyar Regional Jawa 2023
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

JatimWakil Gubernur Jawa Timur Emil Elestianto Dardak mewakili Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menghadiri Opening Ceremony Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Jawa Tahun 2023, Jumat, 29 September 2023. FESyar Regional Jawa tahun 2023 ini diselenggarakan berkolaborasi dengan Bank Indonesia mulai tanggal 29 September hingga 1 Oktober 2023.

Dina Tia, Mahasiswi KPI UINSA Surabaya Jadi Duta Ekowisata Jatim 2024

Bertempat di Grand Atrium Pakuwon Trade Center, Opening Ceremony berlangsung seru dan meriah. Terlebih dimeriahkan pula dengan penampilan Tarian Kolosal bertajuk “Kalam Nahwa : Akulturasi Islam di Tanah Jawa”.

Wagub Emil menyampaikan bahwa tema FESyar Regional Jawa tahun ini yakni “Penguatan Sinergi dan Inovasi Ekonomi dan Keuangan Syariah Melalui Dukungan Digitalisasi Untuk Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Jawa yang Inklusif”. Tema ini memiliki cakupan yang komprehensif dalam mendukung ekosistem ekonomi dan keuangan syariah.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

"Kami sangat terkesan dengan komprehensif nya cakupan dari dan tema FESyar tahun ini baik itu tadi program PAHALA yaitu Halal Value Chain maupun program MASLAHAT yang menekankan pada social investment dan digitalisasi sebagai akselerasi untuk inklusi. Ini semuanya benar-benar On The Spot betul menjawab tiga pilar utama di dalam mengembangkan ekonomi syariah," kata Wagub Emil yang juga menjabat sebagai Ketua Harian KDEKS Jatim.

Ketiga pilar utama tersebut ialah pemberdayaan ekonomi syariah, pendalaman pasar keuangan syariah, dan penguatan riset, asesmen, serta edukasi.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

Dalam kesempatan tersebut Wagub Emil mengatakan sejatinya hampir seluruh aspek kehidupan masyarakat Indonesia telah mengedepankan prinsip syariah. Mulai dari makanan dan minuman, pekerjaan, pakaian, dan lainnya. Hanya perbankan saja yang masih menggunakan dual system.

“Sehingga motivasinya adalah meningkatkan compliance dan quality insurance. Karena ternyata kita juga masih menemukan sedikit banyak terjadi kasus dimana produk tertentu dipertanyakan kehalalannya,” imbuhnya.

Halaman Selanjutnya
img_title