Puluhan WB Lapas Medaeng Dipindah ke Lapas Tulungagung

Ilustrasi rumah tahanan
Sumber :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli

Tulungagung, VIVA Jatim – Mengantisipasi overload kapasitas puluhan warga binaan (WB) Lapas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas I Medaeng, Surabaya dipindah ke Lapas Kelas II B Tulungagung. Total ada 29 WB yang dipindahkan, mayoritas narapidana (napi) kasus narkotika yang selama ini telah menjalani hukuman di Rutan Surabaya.

Komitmen GISLI Tulungagung Bantu Program Pemerintah Jadi Poros Maritim Dunia

Kepala Lapas Kelas IIB Tulungagung, R Budiman Kusumah menjelaskan bahwa proses pemindahan WB dilakukan pada, Jumat, 06 Oktober 2023 berjalan dengan lancar. Pemindahan WB ini sesuai dari program Kemenkumham yang mengantisipasi over crowded Lapas di Indonesia.

"Ini sejalan dengan program dan harapan Kemenkumham. Yaitu mengurangi kelebihan kapasitas lapas di Indonesia, saat ini total Wabin kita ada 663 orang," terang R Budiman, diterima VIVA Jatim, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Ia mengaku, proses pemindahan dengan melibatkan jajaran pengamanan guna membantu dalam pengamanan dan pemeriksaan barang maupun kesehatan para WB yang baru dipindahkan ini. Usai proses administrasi selesai, kemudian dilakukan pemeriksaan barang bawaan dan kesehatan.

Selanjutnya, dari hasil pemeriksaan kesehatan ada satu Wabin yang kondisinya sakit parah dan butuh perawatan lanjutan. Alhasil, batal bisa diterima dan dikembalikan ke Rutan Surabaya untuk proses lebih lanjut.

Bayi Kembar Siam di Tulungaung Tercover BPJS, dari Sebelum hingga Usai Operasi

"Awalnya 30 WB yang akan dipindahkan, namun karena satu orang kondisinya harus dirawat di rumah sakit, makanya kita memilih untuk mengembalikannya ke Lapas asal dulu, karena kan harus dirawat," imbuhnya.

Budiman menyebut, bagi WB yang baru dipindahkan ini, ia berharap mereka bisa segera beradaptasi dengan lingkungan yang baru dan mengikuti aturan yang ada. Termasuk segera lakukan penyesuaian dengan lingkungan yang baru sekaligus mengikuti pembinaan yang telah ada di Lapas Tulungagung.

Halaman Selanjutnya
img_title