Innalillahi, Cak Anam Aktivis Senior NU dan PKB Jatim Wafat

Choirul Anam alias Cak Anam
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Warga NU tengah berduka, salah seorang tokoh sekaligus aktivis senior NU dan PKB Jawa Timur, Choirul Anam meninggal dunia pada Senin pagi ini, 9 Oktober 2023, sekira pukul 05.49 WIB di kediamannya di Kutisari, Surabaya. Sebelum wafat, pria yang akrab disapa Cak Anam itu sempat dirawat di rumah sakit.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Informasi yang beredar di berbagai platform media sosial, jenazah mantan Ketua DPW PKB Jatim itu akan disemayamkan di Jombang. Namun sebelum dibawa ke Jombang, jenazah akan dishalatkan terlebih dahulu di Masjid Jamin Kibar, perumahan Kutisari Indah, Surabaya. 

"Mohon dimaafkan segala kesalahan beliau. Dan mohon doa nya untuk kebahagiaan dan kemuliaan beliau disisiNya," demikian bunyi tulisan yang tersebar di berbagai platform media sosial..

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Cak Anam dan Pahatan Sejarah di NU-PKB

Semasa hidupnya, Cak Anam sangat dikenal sebagai politikus di kalangan Nahdliyin. Kedekatannya bersama para tokoh-tokoh terkemuka kala itu membuatnya banyak ditempa dengan proses hingga matang. Seperti KH Abdurrahman Wahid atau Gus Dur dan KH Hasyim Muzadi, keduanya merupakan mantan Ketua Umum PBNU.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Meski dikenal sebagai aktivis senior, namun Cak Anam tetap meneguhkan sikap ketawadluannya. Utamanya kepada para ulama pesantren di Jawa Timur. Seperti KH Abdullah Fawih Langitan, KH Sholeh Qasim dan KH Imron Hamzah.

Bahkan, pahatan sejarah di NU Jawa Timur, sering Cak Anam sematkan dalam tulisan-tulisannya. Ia dikenal sebagai penulis sejumlah buku. Seperti Perkembangan dan Sejarah NU hingga Khityah NU, dan Sejarah GP Ansor.

Halaman Selanjutnya
img_title