Kasus Bunuh Diri Menjamur, Cucu Bung Karno ungkap Pentingnya Kesehatan Mental Bagi Remaja

Cucu Presiden ke-1 RI Soekarno, M Marhaendra Putra
Sumber :
  • Viva.com

Jakarta , VIVA Jatim–  Cucu Presiden ke-1 RI Soekarno, M Marhaendra Putra atau lebih dikenal dengan nama Dade Marhaendra mengatakan program Mental Health yang mumpuni sangat diperlukan bagi generasi Milenial ataupun Gen Z yang terpapar banyak informasi setiap harinya. 

Suami Tega Habisi Istrinya dengan Cara Dicekik, Pelaku Malah Coba Bunuh Dirinya

"Mental Health menjadi hal yang sama-sama harus kita sangat pedulikan bersama. Saya melihat Ganjar pun memiliki komitmen yang nyata untuk bisa melindungi kesehatan mental anak-anak bangsa selama ini," kata Dade dalam keterangan yang diterima, Minggu 15 Oktober 2023.

Menurut Dade mengenai kesehatan mental ini harus terus digalakan sejak dini oleh setiap stakeholders terkait di negeri ini. Karena memiliki visi dan misi terhadap kepedulian mental health, Dade pun memutuskan untuk mendukung Ganjar Pranowo dalam Tim GP sebagai Ketua Umum.  

Mencintai Diri Sendiri, Solusi Cegah Depresi hingga Upaya Bunuh Diri

mantan Gubernur Jawa Tengah ini pun sangat ingin negara hadir untuk bisa menyelesaikan banyak masalah yang dihadapi anak muda. Apalagi, bonus demografi yang tidak bisa dihindari juga akan menjadi satu hal yang dihadapi untuk menuju Indonesia Emas 2045. Sehingga anak muda yang sehat dan terampil harus juga didukung dengan kesehatan mental yang terjaga.  

Berdasarkan data, setidaknya ada 16,5 juta anak muda di Indonesia yang mengalami masalah mental. Baik Dade ataupun Ganjar ingin membenahi data tersebut. Jika tak diatasi dengan serius, masalah kesehatan mental ini bisa berujung pada petaka juga. Beberepa kasus bunuh diri yang menimpa mahasiswa atau kalangan anak muda belakangan ini bisa menjadi contoh.

Ada Bekas Jeratan, Remaja di Gresik Ditemukan Tewas Gantung Diri dengan Tali Pramuka

Misalnya kasus bunuh diri mahasiswa berinisial NJW (20) yang nekat melompat dari lantai 4 sebuah mal di Semarang. Oleh sebab itu, atas berbagai masalah tersebut Ganjar selama ini fokus menyelesaikan masalah fundamentalnya, yakni membenahi isu kesehatan mental.  

Dia, kata Dade, aktif menyiapkan rencana pembangunan pos-pos layanan konseling yang masif di berbagai tempat. Hingga aktif mengkoordinasikan isu kesehatan mental ini dengan berbagai elemen seperti pemerintah pusat dan daerah, lembaga pendidikan, organisasi pendidikan praktisi kesehatan mental, organisasi non-pemerintahan, faskes, lembaga pembiayaan kesehatan, komite etik, dan masyarakat.

Halaman Selanjutnya
img_title