Bakal Jadi Tempat Belajar Astronomi, Gubernur Jatim Resmikan Poskal di Lamongan

Gubernur Khofifah saat meresmikan gedung Poskal di Lamongan.
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron

Lamongan, VIVA JatimGubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan gedung Planetarium dan Observatorium Karangasem Lamongan (Poskal) di Desa Sendangagung, Kecamatan Paciran, Kabupaten Lamongan, Jumat 20 Oktober 2023.

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Gedung yang berdiri megah di atas tanah 1 hektar dengan luas bangunan 600 meter persegi serta terdiri dari 3 lantai tersebut, kata Khofifah, mempunyai banyak fungsi. Selain bisa digunakan untuk menentukan posisi rukyatul hilal, Poskal juga bisa jadi sarana belajar Ilmu Falak (Astronomi).

"Di sini kita bisa belajar tentang  bagaimana sebetulnya tata surya dan seterusnya. Sehingga kita bisa mengenal kebesaran Allah, kekuasaan Allah melalui seluruh yang ada di lingkup tata surya," kata Khofifah.

Khofifah Puji Rektor Unair Susun Konsep Pendidikan Indonesia Maju

Dengan berdirinya gedung Poskal, maka ke depannya bisa juga dibangun wisata religi. Sementara terwujudnya Poskal di Ponpes Karangasem ini berawal saat kunjungan Khofifah ke Ponpes Karangasem. Dalam pertemuan itu, KH Hakam Mubarok membahas soal ini dan mencontoh Jogjakarta yang mempunyai Poskal.

"Ponpes Karangasem yang berinovasi telah memberikan referensi bersama masyarakat derajat kemanusiaan dengan keilmuan. Pengalaman saat berada di Mesir, tepatnya di Grand Syekh Al-Azhar Mesir. Intinya, siapa yang ingin menguasai dunia harus dengan ilmu, ingin menguasai dunia dan akhirat, maka dengan ilmu," terangnya.

Siswi SD di Lamongan Meninggal Diduga karena Dibully, Ortunya Lapor Polisi

Sementara itu, Ketua DPW Muhammadiyah Jatim Sukadiono menjelaskan, gedung Poskal bisa digunakan untuk pertemuan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) Ilmu Falak se Kabupaten Lamongan. Poskal juga tidak hanya diperuntukkan oleh warga Muhammadiyah saja, tapi bisa dipakai oleh semua umat untuk pengembangan ilmu pengetahuan.

"Poskal merupakan salah satu amal usaha yang dikembangkan Ponpes Karangasem sebagai fasilitas dan sarana belajar Ilmu Falak dan astronomi muatan lokal yang diajarkan di pendidikan formal pada satuan pendidikan SMP/MTs, SMA/SMK/MA, dan PT di lingkungan Ponpes Karangasem," pungkasnya.

Halaman Selanjutnya
img_title