Peringati HSN 2023, Ribuan Santri di Gresik Baca 1 Miliar Shalawat Nariyah

Ribuan Santri di Gresik Baca 1 Miliar Shalawat Nariyah
Sumber :
  • Tofan Bram Kumara/Viva Jatim

Surabaya, VIVA Jatim –Ribuan santri dari sejumlah pondok pesantren (Ponpes) di Kabupaten Gresik turut berpartisipasi dalam pembacaan 1 miliar shalawat Nariyah secara serentak di pesantren masing-masing. 

Jaga Perairan Laut Gresik, Polsek Kawasan Patroli Gabungan Harkamtibmas

Hal itu sesuai arahan Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) dalam rangka memperingati Hari Santri Nasional (HSN) yang diperingati setiap tanggal 22 Oktober. 

Para santri tampak khidmat dan khusyuk melantunkan shalawat Nariyah yang digelar secara hybrid bersama santri dan warga NU se-Indonesia. Beberapa pesantren di Gresik yang mengikuti agenda ini, diantaranya Ponpes Qomaruddin Bungah, PPTQ Al Munawwaroh Bungah, Ponpes Al Furqon Driyorejo, Ponpes Alilliyin, Ponpes Zainal Abidin Bungah, dan Ponpes Darul Ihsan Menganti. 

Skor 97 Persen, PT Smelting Raih Predikat Gold Sertifikasi Sistem Manajemen Pengamanan

Ketua Rabithah Maahid Islamiyah Nahdlatul Ulama (RMI NU) Gresik Ahmad Mufissalam mengatakan, pembacaan 1 miliar shalawat nariyah ini menjadi rangkaian agenda Hari Santri 2023 dengan tema ‘Jihad Santri Jayakan Negeri'. 

“Pembacaan 1 miliar shalawat nariyah ini merupakan rangkaian Hari Santri 2023. Dimana santri-santri dari sejumlah pondok pesantren di Gresik juga turut berpartisipasi, dan mereka begitu khidmat dan khusyuk mengikuti agenda ini,” kata Gus Salam, sapaan akrab Ahmad Mufissalam, Minggu 22 Oktober 2023.

Kampanye Simpatik, Satlantas Polres Gresik Bagikan Coklat ke Pengendara

Gus Salam menjelaskan, Hari Santri Nasional yang diperingati setiap 22 Oktober, ditetapkan sebagai salah satu bentuk penghormatan kepada para muassis dan santri yang telah turut berjuang mengorbankan jiwa dan raga untuk kemerdekaan Indonesia.

“Maka kita patut bersyukur, terutama santri-santri, karena para muassis dan santri-santri dahulu punya peran besar dalam sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia yang biasa dikenal dengan Pertempuran 10 November 1945,” ujarnya.

Halaman Selanjutnya
img_title