Selamat! Inilah 3 Pemenang Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 4

Para pemenang SIC Batch 4 foto bersama penyelenggara.
Sumber :
  • Mukhammad Dhofir /Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim - Program pendidikan Samsung Innovation Campus (SIC) Batch 4 2022/2023 telah mencapai titik akhir. Tiga tim dari Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) dan sederajat ditetapkan sebagai pemenang.

Berikut Pemenang Lomba Pildacil 'Festival Budaya' Kediri Kuno-Kini

Penetapan ini usai ketiganya menyingkirkan dua tim lain di babak final. Para pemenang antara lain, Tim Eaterstelar dari SMKN 7 Semarang dengan solusi Smart PLTS, yaitu sistem yang dapat memonitor dan men-switch sumber arus rumah dari PLTS dan PLN.

Pemenang kedua adalah tim NEXUS4G dari MAN 4 Pekanbaru dengan solusi Nextoilet for Safety Bath yaitu smart bathroom yang aman untuk Lansia. Sedangkan pemenang ketiga Tim Massive 5 dari SMK Negeri 1 Cimahi dengan solusi Smart Sort Trash, tempat sampah pintar yang dapat memilah sampah sesuai dengan jenisnya.

Menaker di Surabaya: Pengangguran Terbuka Didominasi Lulusan SMK dan Sarjana

Selain menetapkan tiga pemenang, Samsung juga memilih pemenang berdasar kategori People Choice Award, jatuh kepada Tim Anggrek dari SMKN 1 Geger Madiun, dengan solusi pendeteksi suhu dan kelembaban ruangan.

Salah satu tim pemenang menuturkan, untuk sampai ke babak final, ternyata cukup banyak tantangan yang harus dihadapi. Mulai dari kesulitan membagi waktu, kurang tidur, peralatan yang terbatas atau tidak berfungsi dengan baik, perbedaan pendapat yang menimbulkan perdebatan, kelelahan, sampai dengan menjadi korban penipuan saat membeli peralatan di marketplace.

Bus SMKN Ngasem Bojonegoro Tabrak Truk di Tol Gempol Pasuruan, 2 Meninggal, 5 Luka

"Bersyukur semua bisa dilewati bareng sebagai tim yang solid, pastinya ndak lepas dari bimbingan guru, mentor dan juri. Kami bangga banget bisa jadi pemenang di SIC," kata perwakilan dari Tim Eaterstelar, Rabu 25 Oktober 2023.

Ennita Pramono, Head of Corporate Citizenship Samsung Electronics Indonesia menambahkan, teknologi dan inovasi memainkan peranan yang sangat penting dalam membentuk masa depan yang lebih baik.

Halaman Selanjutnya
img_title