PDIP Jatim Tepis Isu Gibran Tak Jua Dipecat karena Pengaruh Jokowi

Golkar dukung Gibran sebagai cawapres Prabowo
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA JatimPartai Demokrat Indonesia (PDI) Perjuangan tetap tidak memecat kadernya yang sudah keluar dari barisan PDIP, yakni calon wakil presiden (cawapres) Gibran Rakabuming Raka. Ia akan mendampingin calon presiden (capres) Prabowo Subianto pada Pilpres 2024 mendatang.

Mas Dhito Beberkan Alasan Maju Lagi di Pilkada Kediri

Padahal, PDIP diketahui telah mengusung calon sendiri yakni Ganjar Pranowo-Mahfud MD

Sejumlah isu pun beredar bahwa PDIP takut untuk memecat Gibran sebagai kader, karena pengaruh ayahnya yakni Presiden Jokowi yang masih kuat dan dapat memberikan dualisme kepada kader, khususnya di internal PDIP sendiri. 

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

Ketua BP Pemilu PDIP Jatim Deny Wicaksono membantah anggapan tersebut. Ia memastikan keberadaan Gibran dan Jokowi yang berada dibalik layar, tidak akan berpengaruh besar kepada naik turunnya suara Ganjar-Mahfud di Jatim. 

"Kalau terkait dengan jokowi untuk kader struktur kader pendukung PDIP saya rasa [tidak berpengaruh] tidak signifikan," kata Deny saat dikonfirmasi, Kamis 26 Oktober 2023. 

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Menurutnya, kader PDIP Jatim sudah sangat dewasa dalam menentukan sikapnya. Titah siapa yang harus mereka turuti, dan sejauh ini ia memandang instruksi dari Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri lah yang dipatuhi dan dilaksanakan. 

"Struktur dan kader PDIP sudah dewasa. Mereka jauh lebih mematuhi ibu ketua umum. Selama ibu ketua umum memberikan perintah itu yang akan kami laksanakan," tuturnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title