Kabupaten Gresik Sabet Tiga Kategori Penghargaan Kampung Iklim KLHK 2023

Kabupaten Gresik sabet 3 penghargaan
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA JatimKabupaten Gresik menyabet tiga kategori penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) RI tahun 2023.

Pilu 2 Gadis ABG di Gresik 2 Tahun Dicabuli Ayah Tirinya

Penghargaan bergengsi di bidang lingkungan tersebut diberikan langsung oleh Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya.

Salah satu penghargaan tersebut yakni pembina Proklim untuk pemerintah daerah, yang diterima Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani. Sebagai informasi, capaian ini merupakan kali pertama dicapai Kabupaten Gresik dalam ajang penghargaan Proklim.

Berprestasi, 25 Anggota Polres Gresik Diganjar Penghargaan

Kategori penghargaan lain, adalah untuk lokasi yang diusulkan DLH Kabupaten Gresik. Dimana dari 23 usulan lokasi tahun 2023 diperoleh 1 lokasi trophy utama yang diraih RW 02 Kelurahan Sukorame Kecamatan Gresik, yang diberikan penghargaannya pada hari ini. Sedangkan 16 lokasi lain mendapatkan sertifikat utama, 5 lokasi sertifikat madya dan 1 lokasi sertifikat pratama.

Disampaikan Bupati Yani, penghargaan ini merupakan wujud dari kerja kolektif berbagai pihak. Mulai dari Pemerintah Kabupaten Gresik khususnya Dinas Lingkungan Hidup (DLH), masyarakat, perusahaan, hingga seluruh stakeholder Kabupaten Gresik.

Pemprov Jatim Raih Penghargaan SPM Award 2024, Berkat Tagline CETTAR

"Penghargaan ini, membawa pesan penting bahwa menjaga kelestarian lingkungan memerlukan kerja bersama, sinergitas dan kolaborasi semua pihak. Mari kita menjaga iklim dan lingkungan kita, salah satu caranya dengan memperbanyak menanam pohon," ujar Bupati Yani, Kamis 26 Oktober 2023.

Dari sudut pandang lain, penghargaan ini juga merupakan bentuk apresiasi KLHK atas peran aktif Pemerintah Kabupaten Gresik dalam mendukung Proklim di daerah. Dukungan tersebut antara lain dalam bentuk kebijakan sekaligus penganggaran yang sejatinya sudah tertuang dalam Program Nawa Karsa, yakni Gresik Lestari. 

Halaman Selanjutnya
img_title