Alasan Gubernur Khofifah Peringati Upacara Hari Sumpah Pemuda di Blitar

Gubernur Khofifah Peringati Upacara Hari Sumpah Pemuda
Sumber :
  • Nur Faishal/ Viva Jatim

Blitar, VIVA Jatim- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa memilih Kabupaten Blitar sebagai tuan rumah pelaksanaan peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-95 Tahun 2023, di Alun-Alun Kanigoro Blitar Sabtu, 28 Oktober 2023.

Respons Mas Dhito Masuk Bursa Cawagub dari PDIP Pendamping Khofifah

Gubernur Khofifah menegaskan bahwa ada pemuda luar biasa di Blitar yang berperan besar dalam proses perjuangan pra kemerdekaan. Pemuda asli Blitar bernama Soekarni Kartodiwirjo

"Hari ini kita menggelar upacara Hari Sumpah Pemuda di Kab Blitar. Kita ingin nafas keteladanan, perjuangan, kepahlawanan bisa tersampaikan dan diikuti keteladanannya. Bahwa tokoh muda pejuang kemerdekaan dari Blitar selain tokoh proklamator Bung Karno, ada juga Soekarni," tegas Gubernur Khofifah.

Khofifah Belum Lirik PKB Maju di Pilgub Jatim, Cak Imin: Kalau Daftar Kita Sambut

Soekarni diketahui adalah pencetus usulan  naskah kemerdekaan RI yang  ditandatangani Soekarno-Hatta dengan atas nama bangsa Indonesia. Ditegaskan Gubernur Khofifah bahwa Soekarni Kartodiwirjo adalah pemuda kelahiran Blitar pada 14 Juli 1916.

"Soekarni adalah pemuda Blitar yang mengusulkan naskah proklamasi kemerdekaan yang  ditandatangani Soekarno Hatta dengan mengatasnamakan bangsa Indonesia," imbuhnya. 

Lantik 23 PPIH Embarkasi Surabaya, Pj Gubernur Adhy: Komitmen Maksimalkan pelayanan

Tidak hanya itu, alasan Gubernur Khofifah melaksanakan upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 di Blitar juga karena daerah ini memiliki kaitan erat dengan perjuangan bangsa Indonesia.

"Selain itu Blitar juga kental dengan peristiwa pemberontakan tentara Pembela Tanah Air (PETA) yang dipimpin Soeprijadi, anak dari bupati Blitar di era kemerdekaan, Raden Darmadi," ungkapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title