Pemkab Trenggalek Raih Tertib Ukur Mendag RI, Wabup Syah: Bentuk Perlindungan Konsumen

Penghargaan Daerah Tertib Ukur Pemkab Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Trenggalek menerima penghargaan Penghargaan sebagai Daerah Tertib bersama 17 kabupaten/kota se-Indonesia oleh Direktorat Jenderal Perlindungan Konsumen dan Tertib Niaga Kementerian Perdagangan Republik Indonesia.

Ratusan Pedagang Bakal Geruduk Pendapa Trenggalek gegara Retribusi Mencekik

Penghargaan diserahkan langsung Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan saat acara Penganugerahan Penghargaan Perlindungan Konsumen yang digelar di Kota Bandung, Jumat, 10 November 2023. Wakil Bupati Trenggalek, Syah Muhamad Nata Negara menjelaskan penghargaan ini diperoleh berkat dukungan semua pihak yang telah bekerja untuk mewujudkan tertib ukur di daerah.

"Penghargaan ini adalah bentuk komitmen sekaligus dukungan dari semua pihak yang telah mewujudkan tertib ukur di Kabupaten Trenggalek," ujar Syah Muhamad Nata Negara diterima VIVA Jatim, Sabtu, 11 November 2023.

PAN Masih Enggan Sebut Emil Dardak Bakal Dampingi Khofifah di Pilgub Jatim

Menurutnya, Penghargaan Perlindungan Konsumen 2023 kepada para kepala daerah untuk kategori Daerah Provinsi Peduli Perlindungan Konsumen, Pasar Rakyat Ber-Standar Nasional Indonesia (SNI), Pasar Tertib Ukur, serta Daerah Tertib Ukur cukup menarik dan bermanfaat bagi daerah.

"Selain itu juga merupakan bentuk perlindungan dari pemerintah kepada masyarakat, utamanya konsumen untuk mendapatkannya pengukuran yang jelas dan seragam," ujarnya.

Mas Ipin: Pemulihan Pasca Banjir Munjungan Trenggalek Ditangani Secara Cepat

Melansir dari laman Kementerian Perdagangan Republik Indonesia mengulas komitmen Menteri Perdagangan sebagai mewujudkan konsumen yang berdaya dan pelaku usaha yang bertanggung jawab. Pasalnya melalui konsumen berdaya secara berdampak langsung meningkatkan kesejahteraan dan pertumbuhan ekonomi.

Data Mendag RI menunjukkan Indonesia memiliki potensi yang besar dengan jumlah sebaran penduduk terbesar ke-4 di dunia yang mencapai 278 juta jiwa sekaligus memiliki tantangan yang besar dalam melindungi konsumen. seluruhnya merupakan konsumen sekaligus target pasar produk dalam dan luar negeri.

Halaman Selanjutnya
img_title