Dari Surabaya, Jokowi Terbang ke Arab Saudi dan Amerika Serikat Bahas Gaza

Kunjungan Presiden RI Joko Widodo
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/Viva Jatim

Surabaya, VIVA JatimPresiden Republik Indonesia Joko Widodo berkunjung ke Arab Saudi dan Amerika Serikat mulai tanggal 10 hingga 17 November 2023. Jokowi beserta rombongan terbang dari Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, setelah menghadiri acara pembukaan Piala Dunia U-17 di Surabaya, Jumat 10 November 2023.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Kepada wartawan, Jokowi menyampaikan bahwa lawatannya ke luar negeri untuk menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi Luar Biasa Organisasi Kerja Sama Islam (KTT LB OKI) di Kota Riyadh, Arab Saudi.

"Malam ini saya bersama-sama dengan delegasi terbatas akan melakukan kunjungan ke Riyadh, Arab Saudi untuk menghadiri KTT Luar Biasa OKI yang akan membahas mengenai situasi di Gaza," ujar Jokowi sebelum bertolak ke Timur Tengah.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

Ia menyampaikan, pertemuan antar pimpinan negara-negara Islam tersebut sangat penting. Sebagai langkah tambahan untuk menghentikan kebrutalan Zionist Israel memborbardir Gaza, Palestina.

Presiden pun tegas akan menyuarakan gencatan senjata dan membuka ruang sebesar-besarnya untuk bantuan kemanusiaan rakyat Palestina.

Momen Akrab, Prabowo dan Para Menteri Buka Bersama Ramadan 2024 bersama Joko Widodo

"KTT ini sangat penting. Artinya sebagai upaya tambahan untuk menghentikan serangan Israel atas bangsa Palestina. Saya akan pertegas seruan agar gencatan senjata dapat segera dilakukan dan bantuan kemanusiaan dapat diperbesar," lanjut Jokowi.

Usai kunjungannya ke Riyadh, Arab Saudi. Presiden Jokowi menyampaikan akan melanjutkan perjalanan ke Negara Amerika Serikat pada 12 November 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title