Ternyata 5 Negara di Timur Tengah Ini Sangat Ditakuti Israel, Mengapa?

PM Israel Benjamin Netanyahu
Sumber :
  • Viva

Surabaya, VIVA Jatim – Sebagai negara yang merepresentasikan kaum Yahudi, Israel sejak awal berdiri pada 1948 selalu tampil dengan karakter antagonis. Sebab, mereka khususnya para Zionis selalu bertindak keji kepada warga Palestina. Bahkan kini, krisis kemanusiaan di Gaza Palestina masih terus terjadi.

AFC Terkesima Gol Indah Witan Sulaeman ke Gawang Yordania: Masterclass!

Meski Israel dikenal arogan, keji dan brutal, namun ternyata ia takut dengan beberapa negara lain di Timur Tengah. Negara tersebut bisa menjadi ancaman bagi Israel. Berikut ini daftarnya dikutip dari VIVA, Kamis, 16 November 2023.

1. Mesir

5 Fakta Menarik Timnas Indonesia Jelang Duel dengan Yordania di Piala Asia U-23

Mesir adalah salah satu negara yang mengelilingi Israel. Mesir dengan tegas menolak pembentukan negara berdaulat Israel di wilayah Palestina pada tahun 1948. Konflik kedua negara dimulai dengan Perang Israel-Arab pada tahun 1948, 1956, dan 1967 yang mengakibatkan sengketa wilayah dan berujung pada konflik politik.

Hubungan antara Mesir dan Israel membaik pada tahun 1979 ketika mereka menandatangani perjanjian perdamaian, yang menjalin hubungan diplomatik dan menormalisasi hubungan ekonomi dan budaya.

Menakar Kekuatan Timnas Indonesia Vs Yordania di Piala Asia U-23

Namun, kedua negara kerap menghadapi tantangan dalam menjaga kestabilan hubungan. Secara khusus, penjajahan Israel atas Palestina dan geopolitik regional menciptakan konflik antara kedua negara.

2. Iran

Halaman Selanjutnya
img_title