Gubernur Khofifah Resmikan MTs Sains Salahuddin Wahid Tebuireng Jombang

Penandatanganan Prasasti Peresmian MTs Sains Salahuddin Wahid
Sumber :
  • Nur Faisal/ Viva Jatim

Jombang, VIVA Jatim- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan Madrasah Tsanawiyah (MTs) Sains Salahuddin Wahid Pesantren Tebuireng Putri Kesamben Jombang, Minggu 19 Nopember 2023. 

Khofifah Dianugerahi Satylancana Karya Bhakti Praja Nugraha, Satu-satunya untuk Gubernur

Peresmian MTs Sains Salahuddin Wahid ditandai dengan penekanan tombol digital dan Penandatanganan Prasasti oleh Gubernur Khofifah didampingi Pj. Bupati Jombang Sugiat, Pengasuh Ponpes Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz Perwakilan Keluarga KH Salahuddin Wahid, Nyai Hj. Farida Salahudin Wahid dan Ketua Yayasan Hasyim Asy'ari dr. Ali Faisal.

Dengan diresmikannya MTs Sains, Gubernur Khofifah optimis pondok pesantren tidak lagi dipandang sebagai lembaga pendidikan tradisional yang gagap teknologi. Sebab MTs ini mampu mengintegrasikan nilai-nilai keagamaan yang penuh kesantunan dengan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Khofifah Optimis Putusan MK akan Menangkan Prabowo-Gibran

"Harus ada speaker yang  menyampaikan kepada dunia terhadap peran pesantren dalam menjaga harmoni kehidupan serta penguasaan iptek. Dan hari ini message itu telah dibawa pesantren  Tebuireng yang telah memiliki pendidikan trans sains. Dari MTs-nya saja sudah sains sehingga terminologi tentang pesantren tradisional itu harus bisa dinarasikan dengan sebaik mungkin agar tidak mis persepsi," katanya.

Khofifah menambahkan, bahwa cara yang bisa dilakukan untuk mengenalkan perspektif pesantren saat ini kepada dunia adalah dengan membawa dan melibatkan pesantren di forum internasional lebih masif lagi. 

IKA Unair Chapter Australia Diresmikan, Jadi yang Kelima di Luar Negeri

"Harus dibawa contoh-contoh pesantren sains seperti Tebuireng ini untuk dikenalkan kepada dunia, ini tsanawiyahnya saja sudah  berbasis sains tanpa meninggalkan kekuatan ilmu agamanya" tuturnya.

Gubernur Khofifah juga berharap para santri dan seluruh masyarakat Jawa Timur bisa memanfaatkan kerja sama yang telah dibangun Pemprov Jatim dengan kampus-kampus ternama dunia tersebut. Program-program yang ditawarkan di dua kampus itu telah terkordinasi  dengan program LPDP yang artinya bisa diakses melalui beasiswa.

Halaman Selanjutnya
img_title