Polda Jatim Terjunkan Tim Tangani Kasus Kereta Api Tabrak Minibus Tewaskan 11 Orang

Warga mengevakuasi korban minibus ditabrak kereta api di Lumajang.
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Kepolisian Daerah Jawa Timur (Polda Jatim) menerjunkan tim khusus, membantu kepolisian setempat dalam menangani kasus kecelakaan maut antara Kereta Api (KA) Probowangi melawan minibus Isuzu Elf yang menewaskan 11 orang dan empat luka-luka di Kabupaten Lumajang, Minggu 19 November 2023.

Perlintasan Kereta Api di Lamongan Ditutup, 3 Desa Terancam Terisolasi

Kabidhumas Polda Jatim Kombes Pol Dirmanto melalui pesan panjang mengatakan, tim yang diterjunkan terdiri dari satu Tim Traffic Accident Analysis (TAA) yang dipimpin oleh Dirlantas Polda Jatim dan satu Tim Laboratorium Forensik (Labfor) dipimpin oleh Kalabfor Polda Jatim.

"Tim TAA Lantas berangkat tadi malam, kalau tim dari Labfor pagi ini," kata Dirmanto kepada Viva Jatim, Senin 20 November 2023.

Libur Panjang Kenaikan Isa Almasih, Penumpang Kereta Api dari Surabaya Naik 28 Persen

Sekedar informasi, Tim TAA merupakan metode yang dijalankan kepolisian lalu lintas dalam menganalisa peristiwa kecelakaan.

Proses rekonstruksi terjadinya kasus kecelakaan itu dilakukan, untuk memperoleh informasi berupa kronologi, pola kejadian, informasi teknis, kondisi infrastruktur, kondisi pelaku kecelakaan baik secara fisik atau mental. Tujuannya, memperoleh kebenaran informasi tentang sebab-sebab terjadinya kecelakaan. 

Identitas 7 Korban Kecelakaan Maut KA Pandalungan Vs Kijang Rombongan Nyai Sidogiri

Sementara Tim Labfor Polda Jatim dilakukan untuk melaksanakan penegakan hukum secara konsekuen dan ilmiah.

Nantinya, produk yang dikeluarkan Labfor termasuk salah satu yang dapat dijadikan alat bukti dan dapat dipertanggungjawabkan karena dilakukan oleh ahli yang profesional.

Halaman Selanjutnya
img_title