Hadiri GagasRI di Unair Surabaya, Anies Tawarkan Konsep Kemandirian Pangan

Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar
Sumber :
  • Mokhamad Dofir/ Viva Jatim

Surabaya, Viva Jatim- Pasangan Calon Presiden dan Calon Wakil Presiden Anies Baswedan - Muhaimin Iskandar (AMIN), menawarkan gagasan kemandirian pangan dalam acara GagasRI yang digelar Kompas Grup di Universitas Airlangga, Surabaya, Rabu 22 November 2023.

PDIP Cermati Peluang Anies-Ahok untuk Diusung di Pilkada Jakarta 2024

Menurutnya, kemandirian pangan merupakan upaya untuk menciptakan kemakmuran bagi rakyat Indonesia yang selama ini belum terwujud. Kemandirian pangan yang dia maksud ialah tersedianya bahan pangan dengan harga terjangkau.

"Kami menawarkan gagasan dengan objektifitas pangan yang cukup, petani sejahtera dan masyarakat mendapatkan pangan dengan harga terjangkau," kata Anies Baswedan didampingi Cak Imin (panggilan Muhaimin Iskandar) di Surabaya.

Bertemu Cak Imin, Duet Mas Dhito-Mbak Dewi Lanjut di Pilbup Kediri 2024

Langkah konkrit untuk menciptakan kemandirian pangan dikatakan mantan Gubernur Jakarta itu, dengan memperbaiki rantai pasokan pangan mulai dari hulu, pada distribusinya hingga hilir.

Di hulu, yang perlu dibenahi kata dia, ialah ketersediaan bibit unggul bagi petani, ketersediaan pupuk murah yang ramah lingkungan.

5 Pendaftar Cabup-Cawabup Gresik Temui Cak Imin di Surabaya, Rebutan Rekom PKB?

"Termasuk memastikan ketersediaan alat bertani yang cukup dan aksesibel (mudah diakses) untuk semua melalui pengelolaan koperasi. Selain itu juga harus dilakukan pembangunan irigasi sekunder dan tersier," lanjutnya.

Lalu di hilir, Anies Baswedan menyampaikan pentingnya memberi subsidi harga pangan untuk konsumen. Distribusi pangan juga harus dilakukan dengan transparan serta berkeadilan. Kemudian serius mengoptimalkan hasil pertanian antar kota.

Halaman Selanjutnya
img_title