Eskavasi Kedua Situs Gondang Trenggalek Tuntaskan Denah dan Struktur Candi

Proses eskavasi Situs Gondang Trenggalek.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim –Ketua Tim Eskavasi Balai Pelestari Kebudayaan (BPK) Wilayah XI bersama Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Trenggalek telah rampung melakukan eskavasi kedua Situs Gondang. Struktur dan denah nampak lengkap dan beberapa benda penting juga ditemukan.

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Ketua Tim Eskavasi BPK Wilayah XI, Muhammad Ichwan mengatakan hasil ekskavasi Situs Gondang Kecamatan Tugu Kabupaten Trenggalek hari ini yang terakhir. Sesuai dengan target  telah menggali mengetahui bahwa di bata kulit atau dinding selatan ini tampak putus tidak berlanjut ke arah barat.

"Kegiatan ini dapat kita simpulkan telah melengkapi denah dan ukuran dari struktur sisa kaki candi yang ada di Situs Gondang. Denahnya benar-benar persegi atau bujur sangkar," ujar Muhammad Ichwan, Kamis, 23 November 2023.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

Tim eskavasi melaporkan bahwa mereka telah menemukan bata isian dari denah. Selanjutnya, di sisi barat, mereka dapat melacak kelanjutan dari bata kulit yang sebelumnya ditemukan di kotak galian.

Tampak juga diduga masih mengarah ke selatan, namun tampak juga telah putus. Penggalian juga telah mendapati sisa 2 bata yang segaris dengan denah dari bata kulit dari sisi barat.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

"Dengan demikian kita ketahui denah dari sisi dari bata kulit ini bisa kita ketahui orientasinya," ulasnya.

Lalu, Ichwan bersama tim eskavasi tengah mencari adanya sebuah perwara —gadis pengiring raja atau permaisuri. Pencarian mulai dengan membuka di dua kotak kurang lebih 2 meter dari kotak galian di situs utama kurang lebih kedalaman 160 cm.

Halaman Selanjutnya
img_title