Belajar dari KEK Kendal, DPMPTSP Gresik Lebih Progresif Penerapan PBG dan SLF

DPMPTSP Gresik
Sumber :
  • Viva Jatim/Tofan Bram Kumara

Gresik, VIVA Jatim – Belajar tentang penerapan regulasi Perizinan Bangunan Gedung (PBG) dan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) di dalam Kawasan Ekonomi Khusus (KEK), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemerintah Kabupaten Gresik melakukan kunjungan kerja ke DPMPTSP Kabupaten Kendal, Jawa Tengah.

THR-TRS di Surabaya bakal Dijadikan Tempat Konser Skala Internasional

Bersama Dinas Cipta Karya Perumahan dan Kawasan Pemukiman (DCKPKP) Pemkab Gresik, studi banding DPMPTSP Gresik diikuti langsung oleh Kepala Dinas PMPTSP, Agung Endro Dwi Setyo Utomo dan Kepala DCKPKP, Ida Lailatusa'diyah. Tidak ketinggalan sejumlah pejabat dan staf teknis layanan PBG dan SLF juga ikut. 

Kepala Dinas PMPTSP Pemkab Gresik, Agung Endro menyampaikan pada kunjungan, Jumat, 17 November 2023 lalu, mengapresiasi kepada DPMPTSP Kendal yang bersedia membagikan ilmu, ide, gagasan serta tips kepada Pemkab Gresik agar bisa mengimplementasikan kebijakan PBG dan SLF di KEK JIIPE Kecamatan Manyar. 

Desa Pangkahwetan Gresik Jadi Kampung Bandeng, Mampu Panen 20 Ton Perhari

Diakuinya, ada sejumlah program yang selama ini belum optimal dikerjakan oleh Pemkab Gresik sehingga potensi pendapatan dari sektor retribusi PBG dan SLF di area KEK belum bisa tergarap maksimal.

"Kami cukup kagum, KEK Kendal dengan luas area 1.000 hektar dengan jumlah tenant 95 usaha sudah melakukan kewajibannya mematuhi perizinan PBG dan SLF dan memberikan pendapatan kepada daerah. Menurut kami ini sebuah terobosan yang harus diadopsi dimana pelaku usaha dan operator KEK memiliki komitmen bersama untuk ikut serta membangun daerah," kata Agung di Mall Pelayanan Publik (MPP).

Tingkatkan Kesehatan Masyarakat, Pemkab Gresik Konsisten Bangun Pustu

Yang tidak kalah menggembirakan, lanjut Agung, 95 pelaku usaha yang berdiri di area KEK Kendal mendapatkan layanan serta difasilitasi secara maksimal oleh administrator KEK Kendal. Hal inilah yang menurut Agung belum terlihat di KEK Gresik. Bahkan, adanya kepala daerah Kabupaten Gresik dalam struktur KEK Gresik belum berjalan secara optimal akibat minimnya koordinasi.

"KEK Gresik terbilang sedikit lebih lambat dibandingkan KEK Kendal karena kurangnya harmonisasi dan kolaborasi antara pemerintah daerah dan pihak administrator," ucapnya, Kamis, 23 November 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title