Bentrokan Massa Terjadi di Bitung, Kementerian Agama Himbau Tokoh Agama bisa Jaga Kerukunan

Ilustrasi Polisi siaga mengamankan bentrok
Sumber :
  • Viva

Manado, VIVA JatimBentrokan Massa terjadi di Kota Bitung, Sulawesi Utara. Menurut keterangan yang dikutip dari VIVA, 26 Agustus 2023. Bentrokan tersebut dipicu oleh saling lempar dari kedua kubu. 

Agresi Israel di Gaza Memasuki Hari Ke-144, Hampir 30 Ribu Warga Palestina Tewas

Terkait adanya peristiwa tersebut, pihak Kementerian Agama melalui Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Sulawesi Utara Sarbin Sehe buka suara. Dia menyesalkan terjadinya bentrokan itu serta mengimbau tokoh agama dan tokoh adat agar tetap bisa jaga kerukunan di Kota Bitung, Sulut.

"Insinden saling lempar aksi masa dua kubu di Kota Bitung kemarin petang sangat disesalkan," kata Sarbin, di Manado, Minggu, 26 November 2023.

Arab Saudi Mulai Geram dengan Agresi Israel, Ancam bakal Lakukan Hal Ini

Dia menuturkan pasti semua pihak menyesalkan dan prihatin atas peristiwa bentrokan tersebut. Kata dia, kekerasan tak boleh terjadi apapun alasannya. 

Sarbin mengatakan demikian karena bentrokan itu akan mengganggu persatuan dan kesatuan di Sulut. "Sangat disesalkan adanya kekerasan yang terjadi," ujarnya.

Penyuluh Agama Menyapa Dhuafa, Salurkan 1 Ton Beras untuk Ratusan Penerima di Nganjuk

Sarbin pun mengimbau agar semua pihak, umat beragama, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh adat dan seluruh elemen masyarakat Sulut bisa jaga persatuan dan kesatuan. Ia menekankan kebersamaan, kedamaian, keamanan di Sulut, khususnya Kota Bitung harus dipertahankan.

Dia juga berpesan agar tak mudah terprovokasi imbas kejadian tersebut dengan menyebarkan informasi yang keliru. "Tidak mudah terprovokasi serta menyebarkan berita bohong," tuturnya.

Halaman Selanjutnya
img_title