Kata Nawawi Pomolango Usai Dipilih Jadi Ketua KPK Gantikan Firli Bahuri

Ilustrasi KPK
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA Jatim – Buntut kasus dugaan pemerasan Firli Bahuri terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo atau SYL, Presiden Joko Widodo akhirnya menggantikan posisi Ketua KPK sementara kepada Nawawi Pomolango. Usai resmi menjadi ketua di lembaga antirasuah itu, Nawawi pun angkat bicara.

Susul Jokowi, Gibran Juga Tak Hadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah di Surabaya

Nawawi mengatakan bahwa kerja-kerja KPK ke depannya, terutama di bawah pimpinannya, akan tetap bersifat kolektif kolegial. Sehingga ia mengaku perlu bertemu rekan pimpinan lain di KPK untuk membicarakan hal apa yang perlu diprioritaskan.

"Saya masih harus bertemu dan berbicara dengan rekan-rekan pimpinan lain apa kerja yang harus diprioritaskan di situasi seperti ini," ujar Nawawi dikutip dari VIVA, Senin, 27 November 2023.

Soal Puncak Peringatan Otoda XXVIII, Istana Tegaskan Jokowi tak Ada Jadwal di Surabaya

Sebelumnya diberitakan, Presiden Joko Widodo membenarkan telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK (Komisi Pemberantasan Korupsi), dan menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

"Ya, sudah saya tandatangani tadi malam dan saya kira sudah tahu semuanya,memang aturannya seperti itu," kata dia kepada wartawan, Sabtu, 25 November 2023.

Presiden Jokowi bakal Hadiri Puncak Peringatan Otda di Surabaya

Sebagaimana diketahui, Presiden Jokowi telah menandatangani Keputusan Presiden (Keppres) pemberhentian sementara Firli Bahuri dari jabatan Ketua KPK dan menunjuk Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara.

"Presiden Joko Widodo telah menandatangani Keppres Pemberhentian Sementara Ketua KPK Firli Bahuri sekaligus menetapkan Nawawi Pomolango sebagai Ketua KPK sementara," kata Koordinator Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana, pada Jumat, 24 November 2023.

Halaman Selanjutnya
img_title