Khofifah Resmikan 10.550 Panel Surya Sampoerna, Sinergi Transformasi Ekonomi Hijau

Peresmian 10.550 Panel Surya PT HM Sampoerna
Sumber :
  • Nur Faishal/Viva Jatim

Jatim – Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa meresmikan 10.550 panel surya yang dipasang diatas tanah atau ground mounted di Fasilitas Produksi PT. HM Sampoerna yang ada di Sukorejo Kab. Pasuruan, Jumat, 1 Desember 2023.

Risma Berat Dapat Rekom PDIP Jatim, Said Abdullah Lebih Tertarik ke Khofifah

Peresmian ini ditandai dengan penekanan layar LED yang dilanjutkan penandatanganan prasasti oleh Gubernur Khofifah didampingi Pj. Bupati Pasuruan Andriyanto, President Director PT. HM Sampoerna Tbk Vassilis Gkatzelis.

Panel surya ini terpasang di area seluas 7 hektar dengan kapasitas listrik sebesar 7 Megawatt peak (MWp) atau setara dengan daya yang dibutuhkan untuk mengaliri lebih dari 12.000 rumah sederhana. Inisiatif ini juga disertai dengan penanaman 999 pohon di area pabrik Sampoerna di Pasuruan.

PAN Masih Enggan Sebut Emil Dardak Bakal Dampingi Khofifah di Pilgub Jatim

"Alhamdulillah siang hari ini 10.550 panel surya sudah siap untuk diluncurkan sebagai bagian dari komitmen PT HM Sampoerna untuk menguatkan renewable energy di basis perusahaan PT HM Sampoerna," kata Gubernur Khofifah dalam sambutannya.

Gubernur Khofifah berharap Inisiasi yang dilakukan PT. HM Sampoerna bisa menjadi referensi bagi korporasi lain  untuk melakukan konversi energi berbasis fosil  ke energi baru terbarukan (EBT).

Pj Gubernur Adhy Apresiasi Peluncuran Layanan Imunoterapi Nusantara RS Bhayangkara Surabaya

Terlebih menurutnya pemanfaatan solar panel untuk kebutuhan industri adalah bentuk implementasi nyata dalam mewujudkan peningkatan pemanfaatan EBT, penurunan emisi gas rumah kaca dan pencapaian target bauran energi di Jawa Timur.

"Mudah-mudahan ini memberikan referensi bagi seluruh korporasi yang ada bahwa mereka akan menginisiasi melakukan konversi ke EBT energi baru dan terbarukan," harapnya.

Halaman Selanjutnya
img_title