Daftar Negara di Dunia yang Benci Indonesia, Masalahnya Beragam

Jokowi saat hadiri KTT OKI di Riyadh Arab Saudi
Sumber :
  • Viva.co.id

Surabaya, VIVA Jatim – Meski telah tenar dan memiliki pengaruh besar di dunia internasional, Indonesia tetap saja dibenci dan dimusuhi oleh sejumlah negara lain. Permasalahannya pun beragam. Mulai dari keberpihakan dalam perang, ekonomi hingga ikut campur masalah Papua Barat.

Israel Serang Kota Rafah Gaza, PBB: Tak Dapat Ditoleransi, Hentikan Genosida!

Bahkan negara pembenci Indonesia juga ada yang dari pihak negara tetangga. Mayoritas masyarakat di negara itu pun banyak berasal dari Indonesia. Berikut daftar negara pembenci Indonesia, dikutip dari VIVA, Jumat, 8 Desember 2023. 

1. Vanuatu

Beberapa Negara Arab Ini Justru Dukung Israel Gempur Palestina, Ini Penyebabnya

Urutan pertama negara yang paling membenci Indonesia adalah Vanuatu. Negara yang berada di Kepulauan Pasifik yang berdekatan dengan Australia ini merupakan negara pelopor yang mendukung kemerdekaan Papua Barat. Mereka bahkan kerap bersuara dalam forum PBB.

Diplomat Indonesia, Silvani Pasaribu menuduh Vanuatu memiliki obsesi berlebihan dan tidak sehat terhadap Indonesia karena kerap mencampuri urusan Indonesia dengan Papua Barat. Hampir setiap tahun Vanuatu menyinggung pelanggaran HAM di Papua dalam sidang PBB.

China dan Indonesia Komitmen Dukung Keanggotaan Palestina di PBB

2. Israel

Indonesia selalu menyuarakan perlawanannya terhadap Israel sejak konflik dengan Palestina. Indonesia bahkan melayangkan kutukan atas berbagai tindakan Israel soal konflik perbatasannya dengan Palestina. Mereka bahkan telah dilabeli sebagai penjajah.

Halaman Selanjutnya
img_title