Puluhan Masyarakat Desa di Trenggalek Antusias Ikuti Pelatihan Literasi Digital

Suasana Pelatihan Literasi Digital di Trenggalek
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Trenggalek, VIVA Jatim –Puluhan masyarakat sangat antusias mengikuti pelatihan literasi digital yang digagas oleh Ruang Komunitas Desa Digital (RKDD) di Desa Karanganom, Kecamatan Durenan, Trenggalek. 

Kemensos Beri 60 Titik Instalasi Air Bersih di Trenggalek, Novita: Pemantik Masyarakat Hidup Sehat

Dalam pelatihan yang bertema 'Kecakapan dalam Pemanfaatan Media Digital dengan Bijak' tersebut, peserta mendapatkan materi literasi hingga keamanan digital.

Duta Digital Desa Cerdas Desa Karanganom Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Trenggalek, Rahmad Syaifudin mengatakan bahwa Literasi Digital sendiri merupakan salah satu kegiatan yang wajib atau kegiatan yang sifatnya harus dilaukan oleh masing-masing lokus desa cerdas.

Dirjen Perkebunan Dorong Luas Tanam di Trenggalek

"Tujuannya Literasi Digital karena banyak fenomena-fenomena yang harus mengubah pola pikir dan pola hidup dan cara istilahnya bermuamalah kita," ujar Rahmad Syaifudin di Balai Desa Karanganom, Senin, 11 Desember 2023.

Menurut Syaifudin, perkembangan teknologi membuat masyarakat desa harus jeli dan dengan adanya perkembangan teknologi. Atau istilah akademisi memasuki disrupsi, terjadi perubahan segala macam perubahan aspek kehidupan banyaknya inovasi dan perkebangan teknologi.

Mas Ipin di Festival Pengendalian Lingkungan KLHK: Ekologi-Ekonomi Beriringan

Oleh sebab itu, Alumnus Institut Teknologi Nasional Malang (ITN Malang) ini dalam literasi digital juga mensosialisasikan pilar-pilar dari Kementerian Informasi dan Informatika 4 pilar. Yaitu mulai budaya digital, bagaimana membudayakan digital dalam kehidupa kota. Skill digital, bagaimana melatih kemampuan beradaptasi menambah ilmu terhadap digitalisasi 

"Ketiga adanya etika digital, disini remnya. Mungkin etika digital ini kalau di Indonesia yang menjadi remnya adalah Undang-undang ITE Informasi dan Transaksi Elektronik," terangnya.

Halaman Selanjutnya
img_title