Korem 084/BJ Surabaya Gelar Simulasi Sispamkota Amankan Pemilu 2024

Simulasi kerusuhan saat terjadi di depan Kantor KPU Surabaya
Sumber :
  • Viva Jatim/Mochamad Dofir

Surabaya, VIVA Jatim - Komando Resort Militer 084 Bhaskara Jaya (Korem 084/BJ) Surabaya menggelar simulasi sistem pengamanan dalam kota (Sispamkota) untuk menciptakan Pemilihan Umum 2024 berjalan aman dan lancar.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

"Kami sebagai Komandan Korem 084 Bhaskara Jaya beserta jajaran, para kodim, melaksanakan kegiatan [simulasi Sispamkota] untuk pengamanan Pilkada [Pemilu] 2024. Dimana tahun 2024 ini merupakan tahun politik, sehingga kami harus siap melaksanakan pengamanan," ujar Komandan Korem 084 BJ Surabaya, Brigjen Yusman Madayun, Jumat 15 Desember 2023.

Ia mengatakan, dalam pengamanan itu pihaknya menerjunkan 4.000 personel TNI, yang terbagi menjadi dua Satuan Tugas (Satgas). Yakni, Satgas Teritorial dan Satgas Reaksi Cepat.

Penetapan Pemenang Pilpres 2024, 4 Ribu Lebih Personel Disiagakan

Satgas ini dikatakannya, akan membantu upaya pemerintah maupun kepolisian dalam menjaga segala macam bentuk gangguan selama pelaksanaan Pemilu 2024.

"Sehingga segala kemungkinan adanya gangguan yang timbul bisa kita antisipasi," tandas Yusman.

Sambut Pilkada 2024, Bawaslu RI Segera Seleksi Panwascam

Ribuan prajurit itu nantinya akan disebar merata ke beberapa wilayah di Jawa Timur. Mulai dari Kabupaten Sumenep, Pamekasan, Sampang, Bangkalan, Kota Surabaya dan Sidoarjo.

Ditanya wilayah mana saja yang menjadi perhatian dalam pengamanan Pemilu 2024, Brigjen Yusman menyampaikan sistem pengamanan tidak mengenal skala prioritas. 

Halaman Selanjutnya
img_title