Inayah Bacakan 'Amanat Ciganjur' di Haul Gus Dur ke 14

Peringatan Haul ke 14 Abdurrahman Wahid
Sumber :
  • Viva

Jakarta, VIVA JatimPeringatan Haul ke-14 Gus Dur digelar di Jalan Warung Silah, Ciganjur, Jakarta, pada Sabtu malam, 16 Desember 2023. Acara ini dadakan oleh keluarga besar Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

KPU Kota Mojokerto Tetapkan 25 Anggota DPRD Terpilih, 13 Wajah Baru

Selain haul, dibacakan juga 'Amanat Ciganjur' yaitu pesan untuk pemilu yang damai dan berkualitas.

"Kita berharap Amanat Ciganjur dapat disebarluaskan kepada para capres, cawapres dan caleg, dan semua yang ikut berkontestasi dalam Pemilu 2024," ujar Ketua Panitia Haul ke-14 Gus Dur, Inayah Wulandari Wahid dikutip dari Antara.

Sah! Berikut Daftar 50 Nama Caleg Terpilih DPRD Mojokerto 2024-2029

Menurutnya, Amanat Ciganjur ini sejalan dengan tema Haul ke-14 KH. Abdurrahman Wahid (Gus Dur) yakni 'meneladani budaya etika demokrasi Gus Dur'. Pemilihan tema tersebut, kata Inayah, sebagai upaya keluarga menghadirkan inspirasi dan keteladanan Gus Dur tentang demokrasi.

Inayah mengatakan Amanat Ciganjur ini berisi tentang pesan-pesan demokrasi yang akan dibacakan oleh beberapa tokoh bangsa. Mereka adalah Ibu Shinta Nuriyah Wahid, Lukman Hakim Saifuddin, Romo Benny Susetyo, dan Pendeta Gomar Gultom.

KPU Mojokerto Tetapkan 50 Caleg Terpilih DPRD, PKB Jadi Pemenang

"Banyak hal yang bisa dipelajari dan diperhatikan oleh penyelenggara, kontestan, dan konstituen tentang bagaimana seharusnya demokrasi ditempatkan, diarahkan dan ditata orientasinya," kata dia. 

Di mata Gus Dur, lanjut Inayah, demokrasi hadir untuk mencegah seseorang menjadi 'Tuhan'. Apabila kekuasaan tidak dikontrol, maka akan menyebabkan seseorang berkuasa secara absolut dan otoriter.

Halaman Selanjutnya
img_title