Wali Kota Surabaya Terbitkan SE Kewaspadaan Covid-19, Ini Isinya

Ilustrasi Covid-19 varian baru
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimWali Kota Surabaya menerbitkan Surat Edaran (SE) nomor 400.7.7/29205/436.7.2/2023 tentang kewaspadaan terhadap perkembangan Covid-19. SE diterbitkan pada hari Senin, 18 Desember 2023, kemarin.

Eri Cahyadi Optimis Menang Mutlak Lawan Kotak Kosong di Pilkada Surabaya

Eri Cahyadi menyebut, SE ini untuk meningkatkan kewaspadaan warga dan pemerintah atas perkembangan kasus Covid-19 secara global. Yang belakangan kasusnya meningkat di Singapura, Malaysia, Filipina, termasuk Indonesia.

Dalam surat disampaikan, bagi warga yang mengalami kontak dengan pasien terkonfirmasi atau sedang mengalami gejala penyakit Covid-19. Seperti batuk kering, pilek, demam lebih dari 38 derajat celcius, nyeri otot serta nyeri telan, harus segera memeriksakan diri ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat. Baik melalui rumah sakit (RS), Puskesmas, maupun klinik terdekat.

Pemkot Surabaya Siapkan Area Indoor Berskala Dunia di Hitech Mall

"Melaporkan ke Puskesmas terdekat apabila terkonfirmasi penyakit Covid-19 untuk dilakukan pemantauan kesehatan secara rutin hingga dinyatakan sembuh (selesai isolasi)," kata Eri melalui keterangan resmi Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Surabaya, Rabu 20 Desember 2023.

Pelaku Perjalanan Luar Negeri (PPLN) yang punya resiko tertular Covid-19 akibat interaksi dengan orang lain dari berbagai negara, direkomendasikan segera melengkapi vaksinasi Covid-19 baik dosis primer maupun booster sesuai ketentuan.

Bukan Cuma Surabaya, 4 Daerah di Jawa Timur Ini Berpeluan Diikuti Pasangan Tunggal

"Tujuannya, untuk memastikan kekebalan tubuh PPLN cukup untuk melakukan perjalanan agar tidak tertular dan menjadi sumber penularan selama perjalanan maupun ketika kembali ke tanah air," tambahnya.

Begitu juga para Tenaga Kesehatan (Nakes) dan petugas lainnya di fasilitas kesehatan, diminta mengoptimalkan perlindungan tubuh dengan melengkapi dosis vaksinasi Covid-19, baik primer maupun booster sesuai ketentuan.

Halaman Selanjutnya
img_title