KM Vision Global Karam di Pulau Sumenep, Tim SAR Gabungan Kembali Lakukan Pencarian 8 ABK

Tim SAR gabungan di perairan laut Pulau Sepanjang, Kabupaten Sumenep
Sumber :
  • Istimewa

Sumenep, VIVA Jatim – Pada hari keempat, Tim SAR gabungan kembali melakukan pencarian terhadap 8 orang ABK Kapal Motor (KM) Vision Global yang tenggelam di perairan laut Pulau Sepanjang, Kabupaten Sumenep, Madura. 

Mendaftar ke PKB dan PDIP, Bunda Fitri Siap Maju di Pilkada Sumenep

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi selaku SMC (SAR Mission Coordinator) dalam operasi SAR kali ini mengatakan pencarian dilakukan dengan menggunakan Alut RB (Rescue Boat) 220 dari BASARNAS Mataram.

“Perbantuan RB 220 BASARNAS Mataram dan tim rescuer Pos SAR Bima ini dimaksudkan untuk efisiensi jarak dan waktu tempuh. Sebab, pergerakan unsur SAR dari BASARNAS Mataram lebih dekat dengan lokasi kejadian,” kata Hariyadi dalam keterangannya kepada VIVA Jatim, Sabtu, 23 Desember 2023.

15 Orang Pembuat Petasan di Sumenep Diringkus Kepolisian, Terancam 20 Tahun Penjara

Pada hari keempat pencarian ini, lanjut Hariyadi, tim RB 220 BASARNAS Mataram melakukan pencarian di area seluas sekitar 270,59 mil laut. Berdasarkan rencana operasi, penyisiran di area pencarian dilakukan secara paralel, dengan jarak antar lintasan sekitar 1,5 mil laut.

Disela melakukan pencarian, tim RB 220 melakukan pemapelan melalui radio marine dengan kapal-kapal yang melintas di sekitar area pencarian. Pemapelan kejadian tersebut juga dilakukan dengan pihak Syahbandar Pelabuhan Bima, KUPP Sapeken, dan Polsek Sapeken.

Bagikan Voucher Takjil Gratis, PWRI Sumenep Dukung Bupati Fauzi Hidupkan Pelaku UMKM saat Ramadan

“Pemapelan kejadian ini sebagai upaya lain untuk mengoptimalkan proses pencarian. Nantinya bila ada diantara kapal dan perahu yang melihat tanda-tanda keberadaan maupun menemukan salah satu atau beberapa diantara delapan ABK kapal Vision Global, maka diharapkan untuk segera memberikan bantuan evakuasi,” tegasnya.

Pada pencarian hari ketiga, Jumat, 22 Desember 2023, tim RB 220 dibantu tim KPLP Surabaya yang tengah melaksanakan patroli di sekitar area pencarian dengan menggunakan KN (Kapal Negara) Grantin. Namun pencarian bersama ini belum menemukan tanda-tanda keberadaan dari delapan ABK kapal Global Vision.

Halaman Selanjutnya
img_title