Simak Cara Menghindari Kolesterol Tinggi Saat Liburan Natal dan Tahun Baru

Kue natal
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA JatimLibur Natal dan akhir tahun seringkali dijadikan momen untuk liburan bareng keluarga. Disela-sela momen liburan itu, berburu kuliner tentu tak pernah dilewatkan. 

Bahaya Pergaulan Bebas Mengintai Anak, Begini Cara Mencegahnya

Aneka makanan manis, pedas bahkan aneka makanan pinggir jalan yang viral seringkali jadi buruan. Nah buat kamu pecinta kuliner, meski menikmati aneka kuliner dan jajanan adalah hal yang menyenangkan, tetap harus menjaga kesehatan. 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam RS Pondok Indah – Puri Indah dr. Wirawan Hambali, Sp. P. D mengingatkan, jangan lupa masyrakat yang menjalani liburan tetap menjaga pola makan yang sehat. 

3 Srikandi Freeport Berbagi Tips Kerja dan Keluarga saat Peringati Hari Kartini

"Harus tetap diterapkan ya. Waspadai gangguan kolesterol, sebuah bahaya tersembunyi dalam makanan Anda. Kondisi medis ini sering kali tidak terlihat dan bergejala, akan tetapi bisa menjadi ancaman serius bagi kesehatan Anda," katanya mengingatkan dilansir dari VIVA pada Senin, 25 Desember 2023.

Apa Itu Kolesterol?

Konsumsi 5 Jenis Minuman Ini, Ampun Kendalikan Kadar Kolesterol

Kolesterol kata dr Wirawan adalah lemak yang beredar di dalam tubuh. Di dalam darah, lemak kolesterol ini dibawa oleh protein. Gabungan keduanya disebut dengan lipoprotein. Dalam kadar yang sesuai, kandungan tersebut sebenarnya dibutuhkan oleh tubuh dalam membantu membangun sel-sel baru, membantu tubuh memproduksi vitamin D, sejumlah hormon, dan asam empedu untuk mencerna lemak. 

Selain itu, senyawa ini juga dibutuhkan tubuh untuk proses pencernaan, produksi hormon, dan membentuk vitamin D. Namun, jika kadarnya terlalu tinggi, hal tersebut dapat membahayakan tubuh karena akan menyebabkan berbagai penyakit dan komplikasi. 

Halaman Selanjutnya
img_title