Pelajar yang Tenggelam di Sungai Kedung Muko Berhasil Ditemukan Usai Disedot 12 Unit Pompa Air

Proses evakuasi pelajar yang tenggelam di Tulungagung
Sumber :
  • Pos SAR Surabaya

Tulungagung, VIVA Jatim - Seorang pelajar yang tenggelam berinisial RHN (15) asal Kecamatan Campurdarat Kabupaten Tulungagung berhasil ditemukan dalam keadaan meninggal. 

Jembatan 15 Meter di Tulungagung Ambruk, Aktivitas Warga Lumpuh

Tim gabungan berhasil menemukan korban setelah selama tiga hari melakukan pencarian, salah satunya dengan menyedot dengan 12 pompa untuk mengurangi air di Sungai Kedung Muko Niyama, Tulungagung.

Kepala Kantor SAR Surabaya, Muhamad Hariyadi menjelaskan bahwa tim SAR gabungan berhasil menemukan korban pada Rabu, 27 Desember 2023 dini hari, 03.15 WIB.

Basarnas Terjunkan Dua Kapal Cari 15 ABK Kapal Putra Sumber Mas

"Jenazahnya mengapung pada saat tim SAR gabungan berupaya mengurangi debit air sungai dengan menggunakan sebanyak 12 alkon (pompa air)," ungkap Muhamad Hariyadi dalam keterangannya.

Ia menjelaskan, satu tim penyelam Pos SAR Trenggalek dikerahkan untuk mencari RHN di dalam bagian dasar sungai. Pasalnya, Kedung Muko memiliki kedalaman sekitar 12 meter, membuat jarak pandang tim penyelam menjadi terbatas.

Kecelakaan Maut di Tulungagung, Pemotor Tewas Tabrak Truk saat Dini Hari

Hariyadi menjelaskan sebelumnya setelah dua hari proses pencarian belum membuahkan hasil. Malam hari para personel SAR yang terlibat menyepakati upaya pencarian dengan menyedot kubangan air sungai tersebut.

"Hal itu dilakukan untuk mengurangi volume air, sehingga kemungkinan korban ada di dasar sungai akan bisa terlihat," bebernya.

Halaman Selanjutnya
img_title