Presiden Jokowi Ingatkan KPU Netral dan Sesuai Aturan

Presiden Jokowi
Sumber :
  • tangkapan layar

JatimPresiden Joko Widodo (Jokowi) menegaskan pentingnya agar Komisi Pemilihan Umum (KPU) tetap netral dalam pemilihan umum dan pemilihan presiden 2024 yang semakin dekat. Jokowi memperingatkan KPU untuk tidak memihak dan menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang berlaku dalam penyelenggaraan pemilu dan pilpres 2024.

Luhut Ingatkan Prabowo Jangan Bawa Orang Toxic di Pemerintahannya

Hal tersebut disampaikannya ketika menghadiri konsolidasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersama jajaran pengurus KPU daerah di seluruh Indonesia, hari ini.

Adapun kegiatan ini juga dihadiri Menteri Koordinator Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian, Panglima TNI Jenderal Agus Subiyanto, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, dan Jaksa Agung ST Burhanuddin. 

Gerindra Tepis Isu Jokowi Penghalang Pertemuan Prabowo-Megawati

"Kemudian KPU juga betul-betul netral, tidak memihak, tidak memihak. Bertindak sesuai aturan saja," kata dia, Sabtu 30 Desember 2023.

Mantan Walikota Surakarta tersebut mengatakan, bertindak sesuai aturan saja KPU sudah dicurigai. Apalagi jika melenceng dari aturan yang ada. 

PDIP Kuasai DPRD Trenggalek, PKB Posisi Kedua

Untuk itu, Jokowi mengatakan hal tersebut harus dijaga. Sebab, hal itu bahaya bagi KPU dan pemilu di Tanah Air.

"Bertindak sesuai aturan saja KPU bisa dicurigai, apalagi KPU mencoba melenceng dari aturan. Ini yang harus sekali lagi kita jaga bersama, jangan sampai terjadi, ini bisa berbahaya bagi KPU dan legitimasi pemilu kita," ucapnya. 

Halaman Selanjutnya
img_title