Diduga Sudah Lapuk, Atap Bangunan Sekolah di Bojonegoro Ambruk

Kondisi atap bangunan sekolah di Mojokerto ambruk
Sumber :
  • Imron/Viva Jatim

Bojonegoro, VIVA Jatim – Sebuah bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) Ngadiluwih Kecamatan Ngasem, Kabupaten Bojonegoro ambruk pada Rabu, 3 Januari 2024 pagi. Diduga ambruknya atap bangunan sekolah yang dibangun pada tahun 2014 lalu itu karena sudah lapuk dimakan usia.

Wujudkan Pemilu Aman, Pj Gubernur Adhy Karyono Raih PWI Jatim Award

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, karena pada saat kejadian berlangsung tidak ada aktifitas belajar mengajar yang dilakukan guru maupun siswa.

Ro'aini, salah satu guru SDN Ngadiluwih mengatakan, ambruknya ruang kelas 6 tersebut pertama kali diketahui oleh penjaga sekolah pada pukul 06.30 WIB. Ro'aini sendiri tidak mengetahui secara pasti proses ambruknya atap karena saat itu tak ada di lokasi.

PMII Jatim Serukan Inisiatif Perdamaian Global di Momen Harlah ke-64

"Tidak ada yang tahu pasti seperti apa proses ambruknya atap sekolah itu. Atap itu ambruk pertama kali diketahui penjaga sekolah pada pukul 06.30 WIB dan tidak ada korban jiwa," kata Ro'aini.

Ro'aini mengatakan, pihak sekolah sudah sejak lama mengetahui rangka atap kelas 6 rapuh. Untuk itu ruang kelas itu dikosongkan sejak Desember 2023, lalu dan para siswa dipindahkan ke ruang kelas 1. Sedangkan untuk kelas 1 dipindah ke ruang perpustakaan sekolah.

Baru 72,14 Persen Capaian UHC di Tulungagung

Sementara peristiwa ambruknya atap SDN Ngadiluwih tersebut telah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Kabupaten Bojonegoro dengan harapan agar segera ditindaklanjuti.

"Sudah dilaporkan ke Dinas Pendidikan Bojonegoro dan kami berharap agar segera ditangani sehingga aktivitas belajar para siswa bisa kembali normal," pungkasnya.