Kata Pengamat soal Performa Ketiga Capres saat Debat Panas

Anies, Prabowo dan Ganjar saat Debat Pilpres Ketiga
Sumber :
  • Istimewa

Surabaya, VIVA Jatim – Debat ketiga calon Presiden (capres) 2024 berlangsung cukup panas. Ketiga capres, Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saling adu argumen berkaitan dengan tema Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi dan Geopolitik. Minggu, 7 Januari 2024.

PMII Jatim Nilai Rekonsiliasi Prabowo dan Cak Imin Wujud Sifat Negarawan Sejati

Capres nomor urut 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Ganjar Pranowo tampil ofensif dalam tema debat seputar pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi dan geopolitik.

Sementara capres nomor urut 2 Prabowo Subianto justru nampak kewalahan meladeni cecaran dua rivalnya. Prabowo beberapa kali menyampaikan tak cukup waktu dan leluasa menjelaskan berbagai isu pertahanan yang ditanyakan Anies dan Ganjar.

AHY Ingatkan Hal Ini ke Prabowo Usai Bertemu Cak Imin Ketum PKB

Prabowo juga terlihat tidak siap dengan data-data yang dipaparkan dua rivalnya tersebut. Praktis, kelemahan tersebut dimanfaatkan Anies dan Ganjar dengan tampil agresif mendominasi tema pertahanan, yang sebelumnya dianggap 'makanan sehari-hari' Prabowo yang saat ini menjabat sebagai Menteri Pertahanan.

Pengamat politik Universitas Jember Muhammad Iqbal menilai bahwa Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo lebih menguasai materi dibandingkan Prabowo Subianto dalam debat ketiga dengan tema pertahanan, keamanan, hubungan internasional, globalisasi dan geopolitik.

Sengketa Pilpres di MK Selesai, Prabowo: Lakukan Persiapan Hadapi Masa Depan

"Penguasaan materi baik saat pemaparan dan merespon kandidat saya kira paling tinggi ada pada capres Anies. Berikutnya Ganjar sedikit di bawah Anies. Sedangkan Prabowo justru paling buruk, tidak fokus dan berkali-kali terlihat sangat emosional," katanya, dikutip dari VIVA, Senin, 8 Januari 2024.

Padahal banyak kalangan bilang tema debat ketiga adalah milik "Prabowo banget" karena kapasitasnya sebagai Menteri Pertahanan, sedangkan Anies dan Ganjar dinilai secara umum tidak punya pengalaman tata kelola pertahanan dan keamanan.

Halaman Selanjutnya
img_title