Aman dan Mudah, Ninja Xpress Bagikan Tips Bungkus Barang yang Efektif
- Istimewa
Surabaya, VIVA Jatim – Kementerian Perdagangan melaporkan terdapat 3.692 pengaduan konsumen yang melayani di pada semester pertama 2022. Sebanyak 86,1 persen atau 3.181 pengaduan berasal dari sektor E Commerce.
Salah satu aduan yang mereka laporkan kepada Kementerian Perdagangan adalah pembelian barang yang tidak sesuai dengan perjanjian atau rusak karena packaging yang tidak aman. Oleh karena itu, penting diketahui bagaimana menerapkan pembungkusan yang baik untuk menjaga paket tetap aman.
Hal itu juga terjadi dalam proses pengiriman Ninja Xpress. Apabila ditemukan barang dengan kemasan yang rusak sebelum didistribusikan ke alamat tujuan, maka akan ditangani sesuai dengan SOP (Standar Operasional Prosedur) Ninja Xpress.
Selanjutnya akan dilakukan pelaporan kemasan rusak untuk diperiksa oleh tim Recovery Ninja Xpress untuk dicarikan solusi penanganan yang tepat, seperti melakukan pengemasan ulang dan melanjutkan pengiriman, atau membuat ticket assignment untuk investigasi lebih lanjut.
Untuk membantu UKM melindungi barang mereka dari kerusakan selama proses pengiriman, Ninja Xpress, perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia, membagikan enam tips membungkus barang yang efektif untuk memastikan barang terkirim dengan aman ke konsumen.
1. Perhatikan Jenis Barang yang akan Dikirim
Sebelum membungkus barang, penting untuk memperhatikan jenis barang yang akan dikirim. Terdapat beberapa barang yang membutuhkan perlakuan ekstra karena karakteristik barang akan mempengaruhi cara membungkusnya. Misalnya, untuk membungkus barang pecah belah, maka perlu bantalan ekstra berupa tambahan bubble wrap atau carton corrugated (karton bentuk bergelombang), serta jika dibutuhkan bisa juga menggunakan packing kayu agar lebih aman.
2. Gunakan Material Kemasan yang Tepat
Beberapa material yang biasa digunakan untuk membungkus barang adalah kardus, styrofoam, box carton, bubble wrap, amplop, karung, hingga box kayu. Dalam hal ini, tidak semua material cocok dan dibutuhkan untuk suatu barang. Untuk itu, penggunaan material kemasan harus disesuaikan dengan kebutuhan. Sebagai contoh, saat akan mengirim barang yang mengandung cairan, maka semua sisi harus terbungkus bubble wrap dan lakban, serta pastikan tidak ada ruang kosong jika dibungkus menggunakan kardus agar barang tidak bergeser, sehingga bisa membuatnya pecah atau bocor.
3. Bungkus Barang dengan Berlapis
Membungkus barang dengan berlapis bertujuan agar dapat meredam benturan dan meminimalisir kerusakan pada suatu barang, sehingga memberikan keamanan yang ekstra. Dalam hal ini, barang yang akan dibungkus terdiri dari lapisan utama, lapisan terluar, dan lapisan tambahan dengan menggunakan material pembungkus yang dikombinasikan sesuai dengan jenis barang.
4. Pastikan Barang Dibungkus dengan Rapi dan Rapat
Selain menerapkan langkah-langkah di atas, pastikan juga barang dibungkus dengan rapi dan rapat. Selain itu, untuk menghindari paket terbuka saat dalam perjalanan, bisa gunakan lakban dan selotip. Supaya lebih aman, sebaiknya seluruh paket dilapisi dengan lakban sehingga membuat permukaan paket menjadi lebih kuat dan tidak mudah sobek.
5. Pakai Label Peringatan
Memberikan label sebagai peringatan penting dilakukan untuk memberi tanda bahwa paket berisi barang yang rawan rusak. Label peringatan ini umumnya bertuliskan, "Jangan dibanting", "Fragile", maupun "Handle with care". Memakai label peringatan berguna untuk memberitahu pegawai pengiriman agar menjaga barang dengan lebih hati-hati.
6. Tulis Data Pengiriman Selengkap Mungkin
Pengemasan barang yang baik harus mencantumkan data pengiriman selengkap mungkin. Dengan mencantumkan data secara lengkap akan memudahkan proses pengiriman dan pihak penerima bisa dengan mudah mengecek apakah detail paket sudah akurat.
Andi Djoewarsa, Chief Marketing Officer (CMO) Ninja Xpress mengatakan, perusahaan siap membantu UKM dalam mengirimkan paket dengan fokus pada keamanan dan kepatuhan terhadap prosedur yang ditetapkan. Ninja Xpress akan memastikan bahwa setiap paket yang dikirimkan sampai ke tujuan dengan aman dan selamat.
Sebagai informasi, Ninja Xpress adalah perusahaan jasa pengiriman berbasis teknologi terkemuka di Indonesia. Hadir sejak tahun 2015, Ninja Xpress memberikan pilihan layanan regular, same day, hingga COD ke 100% Wilayah Indonesia. Layanan pengiriman ini juga didukung dengan layanan konsumen yang profesional melalui Respons Cepat dan Resolusi Tepat.
Ninja Xpress juga selalu #SiapBantuSampaiTujuan mengantarkan sukses bagi pelaku UKM lokal dengan menghadirkan berbagai program yang siap mendukung perkembangan bisnis UKM lebih cepat dan strategis melalui Ninja Xpress seller booster yang terdiri dari Point Rewards, Creative Hub, KOL, Ninja Direct, hingga Ninja Fulfillment.