Ada Wahana Paddling di Wisata Waduk Wonorejo Tulungagung, Cek Tarifnya

Wisata paddling di wisata waduk Wonorejo Kabupaten Tulungagung.
Sumber :
  • Madchan Jazuli/Viva Jatim

Tulungagung, VIVA Jatim – Wisata Waduk Wonorejo di Kabupaten Tulungagung kian menarik. Bukan hanya karena pemandangan alamnya yang indah, tapi juga karena ada wahana baru di wisata air tersebut, yakni paddling.

Paddling adalah olahraga mendayung. Olahraga ini menggunakan papan datar berbentuk kerucut laiknya perahu yang hanya muat untuk satu orang. Alat untuk menggerakkan papan ialah dengan satu dayung.

Di Tulungagung, paddling pertama kali hadir dan hanya bisa dinikmati di wisata air Waduk Wonoroje. Waduk yang dikelilingi suasana pagunungan itu berada di Kecamatan Pagerwojo, 15 kilometer ke arah barat dari Alun-alun Tulungagung.

Akses ke lokasi cukup mudah. Jalan menuju ke sana sudah beraspal hotmik dan tanjakannya tidak ekstrem. Dengan sepeda motor atau mobil, hanya butuh waktu 30 menitan untuk sampai ke Waduk Wonorejo dari kawasan kota Tulungagung.

Salah seorang guide paddling di Waduk Wonorejo, Marwan (43), mengungkapkan, bagi pemula, paddling bisa dilakukan dengan didampingi pendamping. Kunci dari olahraga paddling adalah ketenangan dan keseimbangan, lantaran harus berdiri di atas papan paddle.

"Kalau teknik khususnya yang penting bisa jaga keseimbangan saja. Terus mendayungnya usahakan bisa imbang kanan-kiri, biar bisa lurus ke depan," ujar Marwan ditemui di lokasi titik awal paddling, Sabtu, 19 Oktober 2024.

Bagaimana jika keseimbangan hilang dan pemain paddling tercebur ke dalam air? "Kalau tercebur jangan panik. Safetynya wajib pakai pelampung kalau pemula. Kalau helm sih tidak," kata Marwan.