Kadin Jatim akan Tingkatkan SDM UMKM agar Bersaing di Pasar Digital

Mukota VII Kadin Surabaya
Sumber :
  • Rahmat Fajar

Surabaya, VIVA Jatim-Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur, Adik Dwi Putranto mengatakan Kadin Jatim masih fokus peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM). Menurutnya semua sektor harus memiliki SDM yang mempuni.

Ia mengungkapkan pekerjaan besar Kadin Jatim saat ini adalah bagaimana meningkatkan SDM di sektor UMKM di tengah di pasar digital. Ia mengatakan transaksi digital dalam satu tahun mencapai sekitar Rp 500 triliun.

"UMKM kita ini hanya menikmati sekitar 8 persen," ujar Adik baru-baru ini.

Maka dari itu, menurut Adik, rebutan pasar di dunia digital masih sangat terbuka, khususnya sektor UMKM. Hal ini dibutuhkan SDM bagus agar mereka dapat meningkatkan penjualannya di pasar digital.

Selain SDM, lanjut Adik, Kadin Jatim akan bekerja keras mencetak lebih banyak lagi wirausahawan. Termasuk bagaimana mendatangkan investasi baru ke Jatim. Dengan tumbuhnya wirausahawan maka akan muncul investasi baik kecil maupun besar dan akan diikuti oleh kesempatan kerja.

Semua itu, kata Adik, merupakan cara mempersiapkan menuju Indonesia emas 2045. Untuk mewujudkan itu semua, Adik menegaskan diperlukan kolaborasi antara pemerintah, swasta, media dan stakeholder lainnya.

Adik meyakini Jawa Timur, khususnya Surabaya akan siap menyambut Indonesia emas 2045. Sebab, Jatim merupakan provinsi emas pun dengan kota Surabaya. Kendati demikian Adik juga mengingatkan terhadap tantangan ke depan yakni situasi geopolitik dan perubahan iklim.