Nikmatnya Kaldu Kokot Kacang Hijau, Kuliner Sumenep yang Dapat WBtb 2021

Kaldu Kokot Khas Sumenep
Sumber :
  • Istimewa

Jatim – Kaki sapi ternyata bisa diolah menjadi masakan yang sangat lezat. Kaki sapi yang bisa dikenal dengan sebutan kikil ternyata menjadi makanan yang sangat digemari, jika bisa mengolahnya.

Salah satunya di Madura. Ada masakan yang bisa disebut Kaldu Kokot, berbahan dasar kikil sapi. Kokot dalam bahasa Madura berarti kikil. Cara membuatnya pun cukup mudah. Kokot sapi, pertama-tama dibersihkan dahulu.

Lalu, kokot atau kilil sapi yang sudah bersih, dipotong-potong dan dibakar. Agar kotoran yang tersisa hilang. Kemudian, setelah dibakar, kokot dibilas dengan air dan direbus hingga mendidih.

Di Sumenep, Pulau Madura, ada warung yang khusus menyajikan masakan tersebut. Namanya  Warung Adnan Soto Kikil Kokot. Meski letaknya tidak di tepi jalan, pecinta kuliner yang mampir ke Sumenep, hampir tidak melewatkan untuk mencicipi sedapnya kaldu kokot di tempat itu.

Ada petunjuk menuju sebuah gang. Lokasi rumah makan dengan menu khas kaldu kokot ini ada sekitar 150 meter dari jalan utama. Hanya beberapa langkah, saya sudah menemukan rumah dengan bagian terbuka salah satunya dan deretan kursi dan meja.

Kaldu kokot menjadi suguhan khasnya. Kokot adalah bahasa Madura untuk kikil. Jadi olahan ini berbahan utama kikil sapi. Sebenarnya ada dua jenis hidangan, kaldu kokot dan soto kokot.

Kaldu kokot tampil dengan ciri berupa rebusan kacang hijau, yang tak dimunculkan pada soto kokot. Pada soto kokot yang ditambahkan adalah singkong rebus. Di meja disediakan juga perkedel singkong yang renyah sebagai menu tambahan kaldu kokot.