JLS Tol Yogyakarta-Lumajang Segera Terealisasi, Lewati 8 Kecamatan di Pacitan

Ilustrasi Jalan Tol
Sumber :
  • Istimewa

Pacitan, VIVA Jatim –Pembangunan fisik oleh Kementrian PUPR terus dikebut untuk rencana jalan tol jalur lintas selatan Jawa (JLS). Program lanjutan tersebut yaitu Tol Selatan Jawa, dan saat ini sudah sampai di Jogjakarta.

Jalan mulus ratusan KM ini bakal melewati Pacitan terhubung dari barat hingga ke timur melewati Tulungagung sampai Kota Lumajang, Jawa Timur. Menyambut hal itu, Pemkab Pacitan bakal menyiapkan semua Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW).

Pembangunan Jalan tol dari barat sudah mencapai Jogjakarta dan akan melewati Pacitan lanjut ke arah timur akan melewati Trenggalek. Program Tol Yogyakarta-Lumajang, selatan Jawa Timur.

Hal tersebut dibenarkan oleh Kepala Dinas PUPR Kabupaten Pacitan, Suparlan. Rencana pembangunan jalan Tol Jogjakarta-Lumajang adalah program dari Kementerian PUPR. Sementara untuk total panjang Tol DIY Jogjakarta-Lumajang sejauh 287 kilometer.

"Untuk Tol dari Jogjakarta melintas mulai Wonogiri, Pacitan, Trenggalek, Tulungagung, Blitar, Malang dan Lumajang. Lalu untuk Tol di Pacitan akan terbentang sepanjang 53 kilometer dan melintasi delapan wilayah kecamatan di Kabupaten Pacitan," papar Suparlan, Selasa, 20 Februari 2024.

 

Suasana JLS Tulungagung-Trenggalek.

Suasana JLS Tulungagung-Trenggalek.

Photo :
  • Viva Jatim/Madchan Jazuli