Dukung Pendidikan Vokasi, DAIKIN Resmikan Pusat Keunggulan di SMKN 1 Lamongan

DAIKIN resmikan pusat keunggulan di SMKN 1 Lamongan
Sumber :
  • Viva Jatim/Imron Saputra

Lamongan, VIVA Jatim – Guna untuk pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia, PT. Daikin Airconditioning Indonesia (DAIKIN) meresmikan Pusat Keunggulannya di SMK Negeri 1 Lamongan, Jawa Timur.

Perusahaan spesialis solusi tata udara asal Jepang ini juga mendukung dan mendesainnya sebagai tempat pelatihan dan pengembangan kompetensi siswa didik dan tenaga pendidikan, khususnya di bidang refrigerasi dan tata udara.

Direktur PT. Daikin Airconditioning Indonesia Budi Mulia mengatakan, pilihan pada bidang studi khusus seperti refrigerasi dan tata udara sendiri, menurutnya, selaras dengan bidang keahlian DAIKIN yang dikenal sebagai perusahaan spesialis tata udara di dunia.

Dinamai DAIKIN Center of Excellence, keberadaannya sekaligus menjadikannya sebagai pusat keunggulan DAIKIN pertama bagi SMK di wilayah Jawa Timur. 

"Dengan peresmian ini, DAIKIN terhitung telah memiliki tiga pusat keunggulan bagi sekolah kejuruan yang tersebar di Jakarta, Jawa Barat dan Jawa Timur," kata Budi.

Budi menjelaskan, peresmian pusat keunggulan di SMKN 1 Jalan Panglima Sudirman No. 84 Kecamatan Lamongan ini, tak ubahnya seperti ruang praktek bagi perangkat solusi tata udara yang memadai. Dengan menempati sebuah ruang kelas khusus, didalamnya tersedia sejumlah perangkat tata udara seperti air conditioner  atau AC. 

Tak hanya AC single split bagi hunian, namun pula AC SkyAir DAIKIN yang peruntukannya bagi bangunan komersial. Seperti berjajar pada rak khusus, tatanan masing-masing perangkat dibuat untuk memungkinkan untuk praktek langsung dengannya. Mulai dari teknik instalasi, troubleshooting hingga berbagai pengujian untuk memastikan sistem AC berfungsi baik sesuai spesifikasinya.