Pemkab Gresik dan Mojokerto Bentuk TKDV Bersama Tingkatkan Kualitas SDM

Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani (kanan) dan Prof Warsito
Sumber :
  • VIVA Jatim/Tofan Bram Kumara

Surabaya, VIVA Jatim - Bupati Gresik Fandi Akhmad Yani menyatakan pendidikan vokasi sangat berpotensi dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau SDM. Dan kualitas SDM menjadi faktor utama kemajuan suatu negara.

Tradisi Akhir Ramadan, Kontes Bandeng Kawak Gresik 2024 Dimenangkan Ikan Seberat 13,1 Kg

Hal ini disampaikan Bupati Yani saat menghadiri acara pengukuhan Tim Koordinasi Dasar Vokasi (TKDV) Kabupaten Gresik dan Kabupaten Mojokerto, di Whiz Luxe Hotel Spazio Surabaya, Rabu, 20 Desember 2023.

"Masyarakat kita harus punya skill untuk memaksimalkan potensi tersebut. Inilah pentingnya pendidikan dan pelatihan vokasi untuk masyarakat kita," ujarnya dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Jatim, Kamis, 21 Desember 2023.

Pemkab Gresik Beri Bonus Miliaran Rupiah bagi Atlet Berprestasi di Porprov 2023

Yani mengatakan, potensi Gresik dalam mengembangkan SDM yang berkualitas tidak lepas dari pengaruh wilayah Gresik yang memiliki Kawasan Ekonomi Khusus (KEK).

Hal ini bisa menjadi dorongan bagi masyarakat Gresik dalam meningkatkan kapasitas diri demi memenuhi kebutuhan dunia kerja. Karena substansi dari vokasi adalah melihat kebutuhan pasar kerja secara luas.

Ratusan PNS di Pemkab Gresik Terima SK Kenaikan Pangkat, Ini Pesan Bupati

"TKDV harus punya jasa yang kuat dalam mempersiapkan SDM yang punya bakat, kelebihan, keterampilan, dan skill yang mumpuni. Maka nanti kita butuh link and match (sinergitas) antara lembaga pelatihan dan pendidikan vokasi, baik itu berbasis pesantren atau formal. Kuncinya adalah konsisten," tegasnya.

Ia menyebut yang juga melatarbelakangi pembentukan TKDV, dikarenakan kendala pendidikan dan pelatihan kerja yang belum memadai kebutuhan perusahaan. 

Halaman Selanjutnya
img_title